oleh

Kapan 1 Syawal 2022? Kemenag akan Menggelar Sidang Isbat Idul Fitri pada 1 Mei 2022

IDUL FITRI – Kapan Tanggal 1 Syawal 2022? Tak terasa bulan ramadhan tahun 2022 akan memasuki hari-hari kesepuluh terakhir untuk ramadhan tahun ini. Tentu saja sebentar lagi akan datang momen yang juga dinanti-nanti muslim seluruh dunia, yakni Idul Fitri 2022. Tapi, sebelum merayakan idul fitri, tentu saja kita harus menunggu sidang isbat idul fitri terlebih dahulu agar mengetahui kapan idul fitri 2022.

Lihat Juga: Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan dan Keutamaannya, Bikin Hatimu Luluh

Kementerian Agama diketahui akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 Hijriah pada Ahad, 1 Mei 2022 Sore. Dan akan bertempat di Auditorium HM Rasjidi Kementeria Agama.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin memparkan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal sesuai hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Kapan 1 Syawal 2022? Kemenag akan Menggelar Sidang Isbat Idul Fitri pada 1 Mei 2022

“Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 Masehi atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 Hijriah,” jelasnya.

Menurut Kamaruddin, pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 Hijriah, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat.

Sedangkan kata awal Syawal 1443 Hijriah untuk penetapannya menunggu hasil rukyatul hilal.

Baca Juga: Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Malam Penentuan TAKDIR Manusia, Lengkap Amalannya

“Kemenag akan menggelar rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten dan Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain,” pungkasnya.

Dari 99 titik lokasi rukyatul Hilal awal Syawal 1443 Hijriah di seluruh Indonesia, salah satunya digelar di Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

“Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Syawal 1443 H,” jelasnya, seperti dilansir dari situs Kemenag, 18 April 2022 lalu via Disway.

“Sidang akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring. Sebagian peserta hadir di lokasi acara, sebagian mengikuti secara online melalui zoom meeting”. (Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.