oleh

5 Manfaat Buah Semangka Yang Perlu Kamu Tahu

HEALTH-Semangka merupakan salah satu buah yang sering dijadikan pilihan cemilan ketika musim panas. Hal ini tidak mengherankan, mengingat buah ini mengandung banyak cairan dan vitamin.

Tak hanya segar saat dikonsumsi, buah semangka juga ternyata menyiman banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu keunggulan semangka yakni buah ini rendah kalori.

Selain rendah kalori, buah semangka juga banyak mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral kalium dan magnesium.

Dengan banyaknya nutrisi yang terdapat dalam buah ini, berikut 5 manfaat buah semangka yang perlu kamu tahu :

1. Mecegah Dehidrasi
Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi. Kandungan air dalam semangka membantu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

2. Mencegah Sembelit
Semangka juga mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi semangka dapt menjaga kesehatan pencernaan yang lebih baik dan mengurangi sembelit.

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Kandungan vitamin A dan C dalam buah semangka juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen, protein jnj menjaga kulit tetap kenyal dan rambut kuat.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Antioksidan pada semangka dapat mencegah degenerasi makula seiring pertambahan usia. Seperti diketahui degenerasi makula adalah penyebab kebutaan atau gangguan penglihatan pada kalangan lansia.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan L-citruline dalam semangka, tertuman di bagian putih dekat kulitnya, terbukti bisa meningkatkan fungsi arteri dan membantu pembuluh darah rileks. Hali ini berguna untuk menurunkan tekanan darah. (cdp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.