5 Makanan Khas Lebaran Yang Sangat Populer di Indonesia

makanan khas lebaran
An assortment of Balinese dishes to accompany the steamed rice (not shown). The dishes are Sate Lilit (minced meat satay) and Sate Babi (pork satay), Gedang Mekuah (green papaya soup), Tum Ayam (minced chicken parcel), Udang Goreng (pan-fried prawns), Rempeyek (peanut crackers), Ayam Klungkung (chicken with crushed chili pepper), Lawar Ayam (long bean and chicken salad), Babi Goreng (seasoned pork crisps), and three chili condiments of Sambal Plecing (red chili sauce), Sambal Embe (fried red chili and shallots), Sambal Matah (shallots and lemongrass salsa). A bouquet of Frangipani is used as table decoration.
0 Komentar

FOOD-Setelah menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu adalah merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Idul Fitri yang kerap disebut Lebaran di Indonesia ini juga identik dengan berbagai makanan yang khas dan lezat.

Seperti apa makanan khas Lebaran yang disajikan saat Hari Raya Idul Fitri tiba? Yuk, intip 5 makanan khas Lebaran yang sangat populer :

Baca Juga:5 Manfaat Buah Semangka Yang Perlu Kamu TahuAsal-usul dan Resep Es Semangka India, Cocok Untuk Berbuka Puasa

1. Ketupat
Berbicara soal makanan khas Lebaran. Ketupat merupakan salah satu ikon kukiner terpopuler yang sangat identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Kuliner khas Lebaran berupa beras yang dimasak dalam bungkus anyaman daun kelapa muda ini sangat populer. Saking populernya makanan ini, ornamen ketupat sering dijadikan bagian dari dekorasi hari Lebaran.

2. Opor Ayam
Untuk melengkapi santapan ketupat di hari Lebaran, ada berbagai pilihan lauk dan hidangan khas Lebaran lainnya. Salah satunya opor ayam.

Mkanan khas Lebaran satu ini merupakan olahan ayam yang dimasak dengan kuah santan yang dibumbui. Rasanya pas dan lezat untuk disantap bersama ketupat pada Hari Raya Idul Fitri.

3. Rendang
Rendang merupakan kuliner khas Padang yang popularitasnya sudah mendunia. Meskipun sangat mudah ditemukan setiap harinya di restoran-restoran Padang. Rendang juga menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang sering disajikan bersama opor ayam dan ketupat.

4. Sambal Goreng Ati
Makanan khas Lebaran selanjutnya adalah sambal gimoreng ati, lauk lainnya yang bisa melengkapk sajian ketupat di hari Lebaran. Sama halnya dengan opor ayam, kukiner khas Lebaran ini terbuat dari ragam remoah yang dimasak bersama ati dan kentang.

5. Semur Daging
Alternatif sajian untuk melengkapi ketupat pada hari Lebaran selain sambal goreng ati adalah semur daging. Sajian semur daging pada hari raya Idul Fitri ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. (cdp)

0 Komentar