Bukan Cuma Santan, Menu Lebaran Sehat Berikut Ini Tak Kalah Enak

Bukan Cuma Santan, Menu Lebaran Sehat Berikut Ini Tak Kalah Enak
Bukan Cuma Santan, Menu Lebaran Sehat Berikut Ini Tak Kalah Enak. Ilustrasi Foto : pixabay
0 Komentar

Health – Sebentar lagi seluruh umat muslim akan merayakan Idulfitri. Bukan hanya saling memafkan, makan-makan adalah kegiatan wajib saat Lebaran. Walaupun begitu sajian Lebaran hampir selalu didominasi santan. Hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Boleh saja menyajikan menu Lebaran bersantan di hari kemenangan. Tetapi, supaya tidak bosan dan tetap memperhatikan kesehatan, ada baiknya kamu menghidangkan pula menu sehat Lebaran yang tak kalah lezat. Sebagai persiapan menyambut Lebaran, ini dia beberapa inspirasi menu yang sehat untuk Lebaran.

Bukan Cuma Santan, Menu Lebaran Sehat Berikut Ini Tak Kalah Enak

Daging tanpa lemak

Daging adalah menu yang selalu ada saat lebaran. Supaya tetap sehat, kamu bisa memilih daging tanpa lemak untuk sajian Lebaran.

Baca Juga:Akibat Terlalu Banyak Makan Santan, Berikut Tips Sehat Mengonsumsinya Saat LebaranKumpulan Resep Bolu Kukus Lembut dan Enak, Anti Gagal

Daging berlemak biasanya memiliki lemak jenuh. Konsumsi lemak jenuh terlalu banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol. Apabila kadar kolesterol mmeningkat, risiko penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) juga ikut meninggi.

Maka dari itu, pilihlah potongan daging yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit, jika memungkinkan tanpa lemak.

Sup

Setelah memilih daging tanpa lemak, kamu mungkin akan berencana membuat sup untuk hidangan Lebaran. Dengan begitu, Anda kamu bisa meminimalisir asupan santan.

Makanan bersantan biasanya mengandung lebih banyak lemak. Bahaya santan ini juga dapat meningkatkan risiko naiknya kolesterol dalam tubuh.

Selain mengurangi santan, makan sup juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti:

  • Menambah asupan serat
  • Mencegah dehidrasi
  • Meningkatkan asupan protein

Untuk mendapatkan manfaatnya itu, kamu bisa menambahkan berbagai macam sayuran, seperti wortel, buncis, kentang, dan bawang bombay.

Ikan tim

Meski cenderung dengan ayam dan daging, tak ada salahnya jika kamu menghidangkan menu ikan saat hari raya. Terdapat banyak manfaat ikan bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah sumber protein tinggi, kaya asam lemak omega-3, dan rendah lemak jenuh. Ini menjadikan ikan sangat tepat untuk hidangan hari raya.

Baca Juga:Bikin Betah! Inspirasi Cat Rumah Simpel dan MenarikSemarak Lebaran! Link Twibbon Idul Fitri 2022, Download Gratis Berikut Cara Memakainya

Bukan hanya digoreng, memilih ikan kukus juga akan menambah nilai kesehatan yang kamu dapat dari mengonsumsi ikan. Sebab, kamu tidak akan menambah asupan minyak (lemak) yang masuk. (shtq/yni)

0 Komentar