Sidang Isbat Hari Raya Idul Fitri 2022, Ini Info Lengkapnya

hilal lebaran
0 Komentar

NASIONAL-Kapan Hari Raya Idul Fitri 2022 menurut Kemenag? Lebaran tahun ini kemungkinan berbarengan. Sidang isbat penetapan Lebaran 2022 akan digelar sore ini.

Sidang isbat tersebut akan dilakukan secara luring (offline) dan daring (online). Berikut ini informasi selengkapnya tentang penetapan Hari Raya Idul Fitri 2022.

Kemenag mengungkapkan jika hilal Lebaran 2022 kemungkinan terlihat pada 1 Mei 2022. Sehingga, Hari Raya Idul Fitri 2022 kemungkinan bersamaan dengan ketetapan Muhammaddiyah, yakni Selasa, 2 Mei 2022.

Baca Juga:5 Camilan Enak dan Praktis untuk Bekal MudikTips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Sidang isbat akan dilaksanakan Minggu, 1 Mei 2022 di Auditorium HM Rasjidi Kementrian Agama. Kegiatan tersebut didahului dengan proses pengamatan hilal yanh dilakukan di 99 titik di lokasi seluruh Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamarudin Amin mengungkapkan jika posisi hilal di Indonesia secara hisab saat sidang isbat sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indinesia, Malaysia dan Singapura).

Dilansir dari lamana instagram @bimasislam, Kemenag akan melaksanakan sidang isbat untuk menetaokan 1 Syawal 1433 Hijriah atau Idul Fitri 2022.

Adapun jadwal sidang tersebut terdiri dari :

– Seminar posisi hilal : pukul 17.00 WIB
– Pelaksanaan sidang isbat : pukul 18.00 WIB
– Telekonferensi pers penetapan Hari Raya : pukul 19.15 WIB

Pelaksanaan sidang isbat lebaran nantinya akan digelar secara hybrid, yakni dengan aplikasi Zoom dan luring.

Sementara hasil sidang isbat Lebaran akan disiarkan melalui telekonferensi pers di saluran TVRI. (cdp)

0 Komentar