Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran
happy asian muslim family with suitcase. traveling for eid mubarak celebration
0 Komentar

RAGAM-Lebaran tinggal menghitung hari. Momeb libur Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mudik atau pulang ke kampung halaman.

Selama mudik Lebaran, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong dalam beberapa hari. Rumah yang kosong memicu kekhawatiran tersendiri mengingat adanya potensi kejahatan seperti pencurian maupun perampokan.

Selain potensi kejahatan, potensi bencana sepertid kebarakan maupun banjir pada runah yang kosong juga patut untuk diwaspadai.

Baca Juga:Tips Menjaga Kesehatan Selama MudikInilah 5 Langkah Periksa Kondisi Mobil Sebelum Mudik

Nah, agar rumah selalu aman saat ditinggal mudik, berikut ini beberapa tips aman meninggalkan rumah saat mudik :

1. Bersihkan Rumah
Sebelum pergi mudik Lebaran, luangkan waktu terlebih dahulu untuk membersihkan rumah. Jika rumah ditinggalkan dalam keadaan kotor dalam waktu yang lama bisa menyebabkan munculnya hewan-hewan seperti tikus, kecoa, dan semut. Tentunya kamu tidak ingin bertemu dengan hewan-hewan tersebut saat pulang ke rumah.

2. Menyalakan Lampu Teras dan Beberapa Bagian Rumah
Lampu teras yang tidak dinyalakan akan menyebabkan rumah terlihat gelap pada malam hari. Rumah yang terlihat gelap akan menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah.

Karena itu, sebaiknya menyalakan lampu teras dan sebagian lampu di dalam ruangan agar membuat rumah terlihat seperti sedang ada yang menghuni.

3. Lepas Regulator Gas
Agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik lebaran, sebaiknya kamu juga melepas regulator tabungbgas sebelum pergi. Selain itu, pastikan juga tabung haa dalam keadaan aman agar mencegah terjadinya kebocoran gas.

4. Cabut Barang Elektronik dari Stop Kontak
Hal yang tidak kalah penting saat meninggalkan rumah karena mudik Lebaran yaitu dengan mencabut barang-barang elektronik dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

5. Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci Rapat
Mengunci pintu dan jendela rumah merupakan hal terpenting yang wajib dilakukan. Sebelum meinggalkan rumah, selalu pastikan pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat.

Baca Juga:Apa Arti Istilah Mudik?Inilah 4 Pilihan Keju Untuk Bahan Membuat Kue Kastengel

Hal ini merupakan langkah dasar untuk menjaga rumah agar tetap aman selama ditinggal mudik. Ada baiknya kamu juga menambahkan gembok untuk membuat rumah lebih aman.

Demikian informasi lengkap mengenai tips aman apa saja yang perlu kamu cek saat meninggalkan rumah saat mudik Lebaran. (cdp)

0 Komentar