Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

berolahraga
Happiness moment of mature couple enjoy exercising and aerobic dancing at home with positive emotion,
0 Komentar

HEALTH-Mudik Lebaran merupakan salah satu hal tradisi yang sudah mengakar bagi masyarakat Indonesia saat bulan puasa tiba.

Meski jadi hal yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu, mudk bisa membuat tubuh menjadi lelah akibat perjalanan jauh yang ditempuh.

Perjalanan mudik (baik menggunakan jalur darat, udara, maupun laut) seringkali melelahkan. Sehingga tak jarang, beberap orang akan jatuh sakit setelah melakukan perjalanan jauh.

Berikut tips menjaga kesehatan selama mudik yang bisa diikuti :

Baca Juga:Inilah 5 Langkah Periksa Kondisi Mobil Sebelum MudikApa Arti Istilah Mudik?

1. Periksa Kondisi Kesehatan Sebelum Mudik
Tips yang pertama adalah memeriksakan kondisi kesehatan sebelum berangkat mudik. Hal ini cukup penting, apalagi jika selama ini kamu memiliki masalah kesehatab tertentu. Siapkan juga obat-obatan yang sekiranya diperlukan selama mudik nanti.

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi
Menjelang keberangkatan mudik, kamu perlu mengkonsumsi makanan bergizi agar tubuh tidak lemas. Jangan mengkonsumsi junk food atau snack yang mengandung MSG.

Kamu juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air mineral supaya kamu tetao terhidrasi saat mudik.

3. Konsumsi Vitamin
Tips selanjutnya adalah memgkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, vitamin C memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pada saluran pernapasan seperti radang tenggorokan. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin C secara rutin sebelum berangkat mudik.

4. Istirahat Yang Cukup
Sebelum keberangkatan mudik, kamu harus beristirahat cukup dan menghindari begadang. Terutama jika kamu akan mengemudi saat perjalanan mudik nanti.

Setelah tiba, kamu juga perlu bersitirahat sebelum berkeliling ke rumah sanak saudara. Hindari memaksakan diri untuk langsung berkeliling rumah sanak saudaea jika kamu merasa lelah sehabis melakukan perjalanan panjang.

5. Lakukan Olahraga Ringan
Tips yang terakhir adalah melakukan olahraga ringan sebelum berangkat mudik. Jangan khawatir, kamu bisa melakukan olahraga ringan di waktu setelah sahur atau menjelang berbuka.

Baca Juga:Inilah 4 Pilihan Keju Untuk Bahan Membuat Kue KastengelAsal -Usul Kastengel, Kue Keju yang Banyak Diminati

Lakukanlah gerakan ringan yang bisa membuat tubuh kamu berkeringat. Sebab dengan berolahraga, tubuh akan tetap fit selama mudik nanti. (cdp)

0 Komentar