Inilah 3 Langkah Panaskan Masakan Lebaran yang Benar

Inilah 3 Langkah Panaskan Masakan Lebaran yang Benar
0 Komentar

FOOD-Saat perayaan hari raya Idul Fitri, memasak menu lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, biasanya orang memasak menu Idul Fitri lebih dari satu macam. Sebut saja opor, rendang, sayur nangka, gulai daging, semur daging dan lainnya menjadi menu yang kerap dimasak banyak keluarga saat lebaran.

Banyaknya pilihan menu membuat banyak makanan yang tersisa. Namun, biasanya banyak yang memanaskannya kembali agar masih bisa dikonsumsi di hari berikutnya. Bahkan beberapa hari setalah lebaran.

Baca Juga:Resep Praktis Roti Bakar Berbagai Kreasi, Menu Camilan Usai LebaranHari Ketiga Lebaran Puncak Macet Parah

Tapi banyak tak menyadari bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memanaskan menu Lebaran. Hal ini perlu duterapkan agar aman dan kesehatan tetal terjaga.

Berikut ini hal yang perlu diperhatikan ketika memanaskan masakan Lebaran :

1. Bungkus dan Simpan di Kulkas dengan Baik
Hal pertama yang perlu diperhatikan saat hendak memanaskan menu Lebaran agar aman yaitu membungkusnya dengan baik terlebih dahulu. Jika saat Lebaran masih ada sepanci opor atau daging rendang kamu bisa segera membungkus atau meletakkan dalam wadah kedap udara.

Langkah ini bertujuan untuk mencegah bakteri masuk ke dalam makanan, menjaga kelembaban makanan, serta mencegah kontaminasi dari makanan lain di dalam lemari pendingin.

Jika makanan yang tersisa telah ditutup atau dibungkus bisa kamu masukkan ke dalam lemari pendingin. Meski mungkin makanan akan mengalami perubahan rasa, kandungan nutrsinya relatif terjaga.

2. Memanaskan Makanan
Ketika memanaskan makanan sisa, pastiskan suhu makanan mencapai 73 derajat celcius untuk memastikan bakteri dan kuman lainnya tidak dapat berkembang. Kamu juga bisa menggunakan teknik merebus atau mengukus. Kadar nutrisi dapat tetap dijaga agar tak banyak nutrisi yang hilang.

Caranya adalah dengan menutup wadah saat dipanaskan. Bila memungkinkan gunakan microwave untuk memanaskan makanan, karena cara ini bisa menjaga nutrisi dan kandungan air di dalam makanan.

3. Cairkan Makanan Terlebih Dahulu
Sebelum memanaskan sisa makanan lebaran yang beku ada baiknya kamu mencairkannya terlebih dahulu.

Baca Juga:Inilah Manfaat Luar Biasa Silaturahmi Lebaran Menurut Ajaran IslamHukum dan Sejarah Ziarah Kubur di Hari Raya Idul Fitri

Teknik pertama yaitu mencairkan dalam lemari pendingin dan memerlukan waktu paling lama, tetapi juga paling aman. Setelah mencair, makanan harus dikonsumsi dalam waktu 3-4 hari.

0 Komentar