Deretan Khasiat Daun Serai Bantu Atasi Rasa Sakit dan Khawatir

Deretan Khasiat Daun Serai Bantu Atasi Rasa Sakit dan Khawatir
Lemongrass grown in the vegetable garden, herbs have medicinal properties.
0 Komentar

Health – Daun serai atau (Cymbopogon citratus) adalah tanaman yang kerap digunakan sebagai bahan masakan di kuliner Asia Tenggara.

Daun ini mempunyai bau yang segar mirip lemon. Bukan hanya untuk masakan, manfaat daun serai juga ada di dunia pengobatan tradisonal.

Tanaman ini diyakini mempunyai banyak manfaat.

Satu sendok makan serai segar mengandung kira-kira 5 kalori, yang berasal dari karbohidrat, serat, dan protein.

Baca Juga:Jangan Salah, Begini Tips Mencuci Celana Jeans yang BenarManfaat Perawatan di Baby SPA yang Harus Diperhatikan

Mineral yang terkandung dalam serai antara lain 3 mg kalsium, 34 mg potasium, 0,2 mg mangan, 2,9 mg magnesium dan 0,4 mg zat besi. Sementara vitamin di dalam serai meliputi vitamin A, C, B9 (folat), dan B3 (niacin).

Mengingat kandungan vitamin serai yang relatif terbatas, mengonsumsi serai tidak akan memberi efek yang khusus pada kecukupan vitamin harian kami.

Maka, kamu tetap membutuhkan asupan vitamin dari makanan lainnya.

Selain digunakan langsung sebagai rempah dalam makanan dan minuman, daun serai juga sering dijadikan minyak serai. Jika minyak ini dipakai untuk memasak, kandungan kalorinya akan lebih tinggi.

Sebabnya, minyak serai biasanya sudah merupakan campuran minyak goreng atau minyak kanola dengan ekstrak serai. Dalam 1 sendok teh minyak serai, bisa terdapat 40 kalori dan 4,5 gram lemak.

Jika ingin memakai daun serai dalam minuman atau sup, hancurkan bagian bawah batang daun serai agar harum serainya lebih keluar lalu celupkan ke dalam hidangan.

Sementara untuk dipakai sebagai bumbu masakan, serai bisa dimasak utuh atau dipotong-potong dan dicincang terlebih dahulu sebelum dicampur dalam masakan.

Meredakan kecemasan

Mayoritas orang merasa bahwa minum teh hangat memiliki dampak menenangkan. Bagi kamu yang kerap merasa cemas beberapa penelitian menemukan bahwa menghirup aroma serai bisa membantu dalam meminimalisir kecemasan pada orang yang mengalami gangguan kecemasan.

Baca Juga:Mudik Telah Berakhir, KAI Peringatkan Pemudik Dapat Membeli Tiket Alternatif 9-13 Mei 2022Rekomendasi Dekorasi Ruang Tamu Sederhana dan Memikat, Cocok untuk Ukuran Perumahan Kecil 2022

Oleh karenanya, memakai aromaterapi dengan aroma serai juga sering kali dipercaya sebagai salah satu cara melepaskan stres dan cemas.

Meskipun begitu, para ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut masih perlu melakukan riset lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat daun serai yang satu ini.

0 Komentar