oleh

Volume Sampah Meningkat Hingga 30 Persen

SUBANG-Volume sampah pasca lebaran sampai libur panjang kemarin mengalami kenaikan yang signifikan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, H. Hidayat menyebutkan, peningkatan volume sampah mencapai 30 persen.

“Dari semula hanya beberapa ton per hari, pasca lebaran ini naik menjadi 30 persen,” kata H. Hidayat, Senin (16/5).

Dia mengatakan, para petugas kebersihan setiap hari mengangkut sampah yang bertumpuk di pinggir jalan untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Jalupang, Kecamatan Kalijati.

Sementara mobil truk yang dimiliki untuk mengangkut sampah cuma beberapa unit saja atau masih kekurangan dari jumlah ideal.

Hidayat menjelaskan, selama lebaran sampai libur panjang akhir pekan kemarin, petugas kebersihan hanya menikmati libur beberapa hari saja. Sebab pengangkutan sampah terus dilakukan.

“Bahkan kita ada petugas piket yang berjaga di titik-titik tertentu tetap aja kita kerepotan. Untuk hari ini aja kami menurunkan hampir 400 anggota dari dinas LH. Ditambah dampak sampah dari angin kencang, beserta hujan deras, yang mengakibatkan volume sampah juga bertambah,” katanya.

Dia mengatakan, masyarakat bisa memahami pekerjaan berat petugas kebersihan. Apalagi persolan sampah ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tapi taggung jawab masyarakat juga.

“Jadi mari bersama-sama saling membantu untuk menjaga kebersihan,” tukasnya.(idr/ysp)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.