oleh

Mak Ersah Semringah, Mak Supi Tampak Hepi Rumahnya akan segera Diperbaiki TNI

Wajah Mak Ersah (80) semringah. Rumahnya yang termasuk kategori tak layak huni (rutilahu) bakal segera diperbaiki. Pun halnya dengan Mak Supi (98). Di usianya yang nyaris menyentuh satu abad ini, Mak Supi mendapatkan rezeki berupa perbaikan rumah. Baik Mak Ersah maupun Mak Supi tersentuh manfaat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113.

 

ADAM SUMARTO, Purwakarta

 

TERCATAT ada tiga rumah yang tersentuh manfaat program TMMD ke-113. Selain rumah Mak Ersah dan Mak Supi, ada satu rumah lagi yang mendapatkan perbaikan, yakni milik Mak Mariyah. Namun sayang, belum rampung rumahnya diperbaiki, Mak Mariyah dipanggil sang Pencipta karena sakit. Meski begitu, perbaikan rumah almarhumah tetap berlanjut.

Kegembiraan Mak Ersah dan Mak Supi boleh jadi turut dirasakan pula oleh warga Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Betapa tidak, perbaikan rutilahu merupakan sasaran tambahan, dan itu baru sebagian kecil dari besarnya manfaat program TMMD ke-113. Adapun sasaran pokoknya adalah pengecoran jalan sepanjang 435 meter dengan lebar lima meter.

Akses jalan yang akan diperbaiki tersebut jelas akan berimbas pada denyut nadi perekonomian desa tersebut, dan muaranya adalah kesejahteraan masyarakat. Hal inilah yang menjadi harapan dan kebahagiaan warga setempat.

“Alhamdulillah, mak sampaikan rasa terima kasih kepada TNI dan pemerintah yang telah memperbaiki rumah mak,” kata Mak Supi dalam bahasa dan logat Sundanya yang khas saat ditemui wartawan di kediamannya, Rabu (18/5).

Mak Supi yang saat itu ditemani anak bungsunya, Elis, mengaku tak pernah menyangka akan mendapatkan bantuan perbaikan rumah. “Kalau hujan suka bocor. Dindingnya juga sudah reyot. Mak bersyukur sekarang diperbaiki,” ujarnya menambahkan.

Senada disampaikan Elis. Dirinya mengapresiasi jajaran TNI, khususnya Kodim 0619/Purwakarta beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang memiliki perhatian atas warganya yang membutuhkan. “Kalau tidak ada program TMMD, entah sampai kapan rumah ibu saya ini diperbaiki. Alhamdulillah, rumah ibu saya terpilih sebagai penerima manfaat program rutilahu TMMD ke-113,” ucap Elis.

Ditemui terpisah, Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) TMMD ke-113 Kapten Arm Bambang Priambodo menyebutkan, TMMD ke-113 ini memiliki beberapa sasaran tambahan, di antaranya rehab rutilahu. “Ada tiga rumah warga yang kami bedah, ketiganya adalah rumah milik Mak Ersah, Mak Supi dan Mak Mariyah,” kata Bambang.

Pria yang juga menjabat sebagai Danramil 1904/Campaka ini menjelaskan, ketiga warga penerima manfaat rutilahu tersebar di beberapa RT. Di antaranya, Mak Ersah di Kampung Cikadu RT 02/RW 01 progres pembangunan saat ini mencapai 75 persen.

Kemudian Mak Supi juga di Kampung Cikadu, RT 04/RW 01 yang pembangunannya hingga saat ini mencapai 55 persen. Adapun rumah almarhumah Ibu Mariyah di RT 10/RW 03 capaian pembangunan saat ini 45 persen.

“Pencapaian progres rehab rutilahu terus mengalami peningkatan setiap harinya. Hal ini berkat kerja sama serta semangat gotong royong dari warga desa dengan personel Satgas TMMD ke-113,” ucap Bambang.(add/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.