Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa
0 Komentar

OTOMOTIF-Ban merupakan komponen penting dari kendaraan. Mulai dari sepeda, sepeda motor hingga mobil harus mempertimbangkan pemilihan penggunaan jenis ban untuk mendapatkan hasil maksimal dalam berkendara.

Ketika ban yang terpasang pada kendaraan sudah mengalami kerusakan karena berbagai hantaman yang menimpanya, hal tersebut tentunya akan mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Maka memilih dan menggunakan ban harus tepat dan disesuaikan dengan berbagai kondisi.

Baca Juga:Bahaya ! Jangan Pakai Ban Motor Jika Sudah BenjolWaspada Bahaya Obat Pelangsing Abal-abal, Ini Ciri-cririnya

Di dunia otomotif, secara umum ada dua jenis ban motor yang beredar dipasaran dan juga bisa dijadikan pilihan untuk digunakan pada kendaraan bermotor yaitu ban Tubeless dan Ban Biasa (tube).

Meski kedua jenis ban sering digunakan dan umum dipasaran. Namun, kedua jenis ban ini memiliki perbedaan dan karakterisitiknya.

Adapaun beberapa karakteristik yang menjadi pembeda antara ban tubeless dan ban biasa diantaranya :

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

1. Harga
Tentunya kedua ban ini memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Ban tubeless biasanya lebih mahal daripada ban biasa. Karena jika tertancap bemda tajam seperti paku, kamu bisa melakukan penambalan sendiri dengan cepat menggunakan lem khusus.

Berbeda dengan ban biasa yang kalau sudah tertusuk benda tajam pasti langsung bocor dan kamu harus membawanya ke tukang tambal ban.

2. Komponen Ban
Komponen ban tubeless hanya terdiri dari ban dan velg saja. Namun untuk ban biasa jauh lebih banyak. Ada komponen ban dalam, veleg, ban luar, flap, hingga lock ring.

Versi tubeless memang lebih simpel namun tetap modern karena didukung lapisan fluid sealant sebagai pengganti ban dalam.

Baca Juga:Resep Es Nangka Selasih, Minuman Segar Khas Banjar Kalimantan SelatanSoto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan

3. Material Ban
Pada dasarnya memang sama-sama menggunakan karet, tapi ada sedikit perbedaan. Ban tubeless memggunakan lapisan fluid sealant yang mempertahankan kerapatan ban. Material ini akan merapat ketika terjadi kebocoran, berbedan dengan ban biasa yang menggunakan ban dalam.

4. Kenyaman Ban
Ban biasa yang tekanan anginya keras tetap membawa rasa nyaman selama berkendara. Sebalikny, ban tubeless yang kelebihan tekanan angin sangat terasa keras ketika dipakai. (cdp)

0 Komentar