Ingat Jarak Aman Menggunakan Lampu Sein

lampu sein motor
0 Komentar

OTOMOTIF-Meski sudah mempersiapkan diri dengan baik, namun kecelakaan lalu lintas bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Terkadang kecelakaan terjadi karena kecerobohan pengendara lain. Salah satunya tak menggunakan sein saat akan berbelok.

Perlu diketahui, sein merupakan alat komunikasi pada kendaraan sekaligus komponen yang penting, namun masih banyak pengendara yang abai dengan fungsinya.

Baca Juga:Inilah 5 Jenis Martabak di IndonesiaResep dan Cara Membuat Gulai Tunjang khas Padang

Bahkan banyak yang menganggap sein sebagai formalitas, dan pengendara menggunakannya saat berbelok tanpa memikirkan dan mengambil jarak aman.

Sebenrnya untuk menyalakan lampu sein kita harus butuh perhitungan, jangan terlalu jauh ataupun dekat dengan titii berbelok.

Sein berfungsi sebagai isyarat atau tanda kita ingin berbelok, sebaiknya jarak 30 mter sebelum belok kita sudah menyalakan lampu sein, agar tidak terlalu jauh dan tidak juga terlalu dekat.

Memperkirakan waktu dan jarak untuk menyalakan sein sebelum belok cukup penting agar pengendara lain punya antisipasi yang baik. Tapi sebelum belok, pastikan juga sudah mengurangi kecepatan sehingga tak mendadak.

Tidak hanya memberi kode pada pengguna jalan di belakang, tapi juga pengguna jalan dari arah yang berlawanan. Dengan menyalakan lampu sein tepat waktu, risiko kecelakaan dapat berkurang. (cdp)

0 Komentar