Siaga Banjir, Hujan Lebat Akan Turun di Beberapa Kota Besar Indonesia 4 Hari Ke depan

Siaga Banjir, Hujan Lebat Akan Turun di Beberapa Kota Besar Indonesia 4 Hari Ke depan
Siaga Banjir, Hujan Lebat Akan Turun di Kota Besar Indonesia 4 Hari Ke depan
0 Komentar

Nasional – Hujan dengan ketajaman sedang hingga lebat bakal mengguyur kota-kota besar di Indonesia. Maka dari itu dihimbau supaya masyarakat mewaspadai potensi banjir.

Demikian prakiraan cuaca yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Rabu, 25 Mei 2022.

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, hujan lebat disebabkan adanya peluang pertumbuhan awan yang menyebar di wilayah Laut Natuna, Laut Jawa, sebagian wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, dan wilayah Maluku.

Baca Juga:Intimidasi di Texas, 18 Siswa dan 3 Orang Dewasa Meninggal Akibat di Tembaki Remaja 18 TahunTerbaru, Ulasan Daihatsu Taft 2022 LCGC di Jepang, Diprediksi Masuk Indonesia?

Sedangkan adanya gangguan gelombang atmosfer yang terdapat di wilayah Sumatera bagian selatan, Pulau Jawa bagian barat dan utara, Kalimantan bagian Timur, Sulawesi, Maluku Utara, dan Maluku akan meningkatkan potensi terjadinya hujan di wilayah tersebut.

Siaga Banjir, Hujan Lebat Akan Turun di Kota Besar Indonesia 4 Hari Ke depan

BMKG memprediksi keadaan itu dapat bertahan dalam dua hingga empat hari ke depan.

Prakiraan cuaca dari wilayah Sumatera cenderung berpotensi hujan dengan ketajaman ringan hingga sedang yang berada di wilayah Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, dan Bandar Lampung. Sedangkan cuaca cerah diprediksi berada di wilayah Banda Aceh dan sekitarnya.

Berpindah ke Pulau Jawa, sebagian besar wilayahnya juga berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah barat seperti DKI Jakarta, Serang dan Banten.

Prakiraan cuaca di wilayah Semarang, Yogyakarta hingga Surabaya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Berlanjut ke wilayah Kalimantan, mayoritas wilayahnya juga diperkirakan berpotensi hujan berintensitas ringan hingga sedang. Masyarakat di Tanjung Selor dan Banjarmasin diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan disertai petir.

Sedangkan Palangkaraya hingga Samarinda diperkirakan keadaan cuaca berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Baca Juga:Simak, Begini Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah Beserta ArtinyaDeretan Tanaman Dalam Rumah yang Bikin Hijau dan Adem

Bagi masyarakat yang berlibur di wilayah Bali dan Lombok diperkirakan kondisi cuaca di Denpasar dan Mataram akan cenderung hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sementara untuk wilayah Kupang diperkirakan kondisi cuaca berawan.

BMKG memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah Sulawesi berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Gorontalo dan Mamuju untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir.

0 Komentar