Manfaat Daun Kelor buat Kesehatan, Salah Satunya Bisa Memperlancar ASI

Manfaat Daun Kelor buat Kesehatan, Salah Satunya Bisa Memperlancar ASI
Manfaat daun kelor bagi kesehatan
0 Komentar

HEALTH-Manfaat daun kelor buat kesehatan tubuh diketahui sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Hal ini karena kandungan dari berbagai senyawa yang ada di dalam tumbuhan ini, tanaman yang memiliki banyak berkhasiat satu ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam budaya Timur lho.

Daun kelor atau Moringa oleifera ini merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis, diantaranya Indonesia. Pada proses pengobatan tradisional, tanaman yang juga dijuluki sebagai “pohon ajaib” ini biasanya akan diambil daunnya yang kemudian akan diolah menjadi berbagai jenis minuman herbal, seperti jamu maupun teh.

Melansir dari alodokter, berikut ini sudah dirangkum berbagai manfaat daun kelor bagi kesehatan, simak artikel berikut ini.

Baca Juga:Deretan Manfaat Buah Nanas, Baik Untuk Kesehatan Kulit?Kapolres Subang Bersama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Melakukan Sidak ke Peternakan Sapi

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Manfaat daun kelor sebenarnya datang dari beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nutrisi yang dimaksud meliputi:

  • Protein
  • Vitamin, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin C
  • Mineral, termasuk zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium

Selain beragam nutrisi di atas, daun kelor juga mengandung asam amino esensial dan antioksidan.

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Ada beragam manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda peroleh, seperti:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Daun kelor telah dikonsumsi sejak lama sebagai tanaman herbal untuk menjaga daya tahan tubuh. Daun ini kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan imunitas dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Kandungan vitamin C pada daun kelor bahkan 7 kali lipat lebih banyak dari buah jeruk.

Berbagai penelitian di laboratorium pun mengungkapkan bahwa ekstrak daun kelor diketahui paling baik dalam melindungi tubuh dari bakteri Streptococcus aureus penyebab infeksi kulit, infeksi katup jantung, infeksi tulang, dan pneumonia.

2. Mengatasi gejala mata merah

Daun kelor juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Berkat kandungan senyawa yang bersifat antimikroba dan antiradang, daun kelor bisa menjadi salah satu obat herbal untuk meredakan gejala mata merah atau konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi kuman atau alergi.

3. Melancarkan produksi ASI

0 Komentar