TMMD Mampu Wujudkan Harapan Masyarakat: Jalan Lebar Rutilahu Lancar, Sarana Air Bersih Kelar

TMMD Mampu Wujudkan Harapan Masyarakat: Jalan Lebar Rutilahu Lancar, Sarana Air Bersih Kelar
Kadispenad Brigjen TNI Tatang Subarna tampak semringah saat mengecek Sarana Air Bersih yang telah dibangun Kodim 0619/Purwakarta sebagai sasaran tambahan TMMD ke-113.
0 Komentar

“Karena itu silahkan manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya. Terlebih TMMD ini wujud nyata kemanunggalan TNI bersama rakyat,” kata Kadispenad.

Sementara itu, Ketua RW 01, Kampung Cikadu, Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Nani (42) menyampaikan, TMMD ke-113 mampu mewujudkan harapan masyarakat memiliki jalan yang bagus yang telah lama diimpikan warga.

“Alhamdulillah, jalannya bagus dan lebar. Lalu lintas masyarakat dalam membawa hasil kebun dan pertaniannya semakin lancar,” ujar Nani.

Baca Juga:Yuk Kenalan dengan Teknik Box Breathing, Dapat Bantu Turunkan Stres5 Fakta Sungai Aare di Swiss Lokasi Hanyutnya Anak Ridwan Kamil Emmeril Khan Mumtadz

Disebutkan Nani, RW 01 terdiri dari empat RT, di mana mayoritas warganya berprofesi sebagai petani dan pekebun. Sebelum jalan diperbaiki, warga cukup kesulitan membawa hasil tani dan kebunnya untuk didistribusikan ke pasar induk, pasar tradisional atau ke desa lainnya.

“Tapi sekarang semakin lancar waktu tempuh juga semakin terpangkas alias lebih cepat,” ucapnya.

Adapun terkait Sarana Air Bersih, Nani juga mengungkapkan rasa syukurnya. Terlebih, Sarana Air Bersih tersebut bisa memenuhi kebutuhan warga di tiga RT.

“Sebelumnya kami memang sudah memiliki penampungan air, namun itu hanya bisa mencakup warga di satu RT saja. Sekarang dengan Sarana Air Bersih yabg dibangun, tiga RT lainnya bisa mendapatkan pasokan air bersih yang cukup,” kata Nani.

Artinya, sambung Nani, persoalan terbatasnya ketersediaan air bersih yang telah berlangsung selama puluhan tahun akhirnya terpecahkan melalui program TMMD ke-113.

“Alhamdulillah, terima kasih TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta. Semua warga juga siap berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan sumber air dan memeliharanya,” ujar Nani.

Terpisah, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan menyebutkan, Sarana Air Bersih yang masuk ke dalam sasaran tambahan TMMD ke-113 memang telah menjadi perhatian khusus pihaknya.

Baca Juga:Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Jum’at 27 Mei 2022, Antam dan UBS Terlihat MenurunWarga Subang Berharap Putra Sulung Gubernur Jawa Barat Segera Ditemukan, Sumasna : Mohon Doanya 

“Kami mendengarkan langsung kebutuhan warga dan pada akhirnya bisa mewujudkannya melalui TMMD ke-113 ini,” ucapnya.

Dijelaskan Dandim, Sarana Air Bersih yang dibangun anggotanya itu menerapkan prinsip gravitasi bumi. Air bersih disalurkan dari sumber air ke penampungan yang berada diketinggian tertentu. Kemudian didistribusikan ke bak penampungan di tiap RT menggunakan pipa dengan prinsip gravitasi.

“Nah, dari situ disalurkan lagi ke rumah-rumah warga. Air tersebut bisa dimanfaatkan warga kapan saja,” kata Dandim.

0 Komentar