Deretan Manfaat Minum Air Hangat Setelah Makan

Deretan Manfaat Minum Air Hangat Setelah Makan
Deretan Manfaat Minum Air Hangat Setelah Makan
0 Komentar

Health – Tak banyak orang tahu ternyata minum air hangat setelah makan memberi macam manfaat bagi kesehatan.

Cukup minum air sepanjang hari sangat penting khususnya setelah makan. Terutama minum air hangat setelah makan, ada banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa kita rasakan.

Di negara India selatan, praktik minum air hangat setelah makan berhubungan dengan ajaran Ayurveda kuno yang dirawat secara terus-menerus.

Baca Juga:Begini Penjelasan Meninggal Dikarenakan Tenggelam, Dihukumi Syahid AkhiratNamanya Stevia, Pengganti Gula yang Aman Bagi Kesehatan

Deretan Manfaat Minum Air Hangat Setelah Makan

Menurut Ayurveda, minum air dingin dapat mempengaruhi fungsi normal cairan lambung dan juga mengganggu keseimbangan tubuh.

Para ahli meyakini bahwa minuman air dingin mendorong kontraksi pembuluh darah, sehingga menghalangi proses pencernaan.

Melansir  dari Healthline, air hangat yang direkomendasikan ahli untuk diminum bersuhu antara 54-71 Celcius.

Berikut sejumlah daftar manfaat lain dari minum air hangat yang dilansir dari beberapa sumber:

Membantu mengatasi sembelit

Manfaat minum air hangat setelah makan yang pertama adalah membantu mengatasi sembelit. Mengutip Medical News Today, saat seseorang tidak minum cukup air, usus kecil menyerap sebagian besar air yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman.

Hal tersebut mengakibatkan dehidrasi dan dapat mempersulit buang air besar. Dehidrasi kronis dapat mengakibatkan konstipasi kronis juga.

Sembelit ini dapat membuat buang air besar terasa sakit dan dapat menyebabkan masalah lain, termasuk wasir dan kembung.

Baca Juga:Terbongkar, Berikut Identitas Musisi Grup Band yang Ditangkap Kasus NarkobaDeretan Produk Make Up yang Direkomendasikan Untuk Pemula, Hasil Menawan

Minum air hangat membantu menghancurkan makanan lebih cepat dari pada minum air dingin atau hangat. Ini mengurangi kemungkinan sembelit dengan mendukung buang air besar secara rutin.

Meredakan hidung tersumbat

Manfaat minum air hangat setelah makan yang kedua adalah meredakan hidung tersumbat. Melansir Healthline, secangkir air hangat yang menghasilkan uap dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat.

Minum air hangat dapat bermanfaat membantu menghangatkan area sinus dan meminimalisir sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh penumpukan lendir.

Menurut studi 2008, minuman hangat memberikan manfaat berupa bantuan yang cepat serta bertahan lama terhadap pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Mengurangi rasa sakit

Mengutip Medical News Today, air hangat meningkatkan sirkulasi dan juga dapat meningkatkan aliran darah, khususnya otot yang cedera. Belum ada penelitian yang secara langsung mengaitkan konsumsi air hangat dengan penghilang rasa sakit. Tetapi, orang secara rutin menggunakan air hangat dan botol air hangat untuk mengurangi rasa sakit. (kstn/yni)

0 Komentar