Waspada TBC Kulit, Penyakit Langka yang Gejalanya Sulit di Deteksi

Waspada TBC Kulit, Penyakit Langka yang Gejalanya Sulit di Deteksi
Doctor dermatologist examining birthmarks and moles on a female patient's hand. Close up cropped image of examination of birthmarks with modern device, using light and phone application and camera
0 Komentar

Health -TBC kulit merupakan jenis TBC ekstra paru (ekstrapulmonari) yang penderitanya bisa dihitung jari. Perlu kamu ketahui bahwa tuberkulosis sebagai penyakit yang menyerang organ dalam paru-paru, juga bisa menyebar ke organ lainnya.

Ciri-ciri TBC kulit

Gejala atau ciri utama tuberkulosis kulit biasanya adalah muncul luka atau pertumbuhan jaringan abnormal di berbagai area kulit, seperti siku, lengan, pantat, belakang lutut, hingga kaki.

Tetapi, gejala TB kulit ini kerap menyerupai masalah kulit pada umumnya sehingga sulit dikenali.

Baca Juga:ARD Akan Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur, Jika Jadi Bupati SubangPantai Pondok Bali Ramai Dikunjungi Wisatawan

Berikut adalah beberapa ciri-ciri pertumbuhan jaringan abnormal pada TBC kulit, seperti:

1) Datar dan tidak menyakitkan

2) Area kulit menjadi lebih kasar saat disentuh
3) Kulit menjadi keunguan timbuk kulit merah kecokelatan
4) Muncul benjolan kecil
5) Area kulit menjadi borok
6) Timbul abses

Pengobatan TBC kulit

Sampai saat ini, perawatan dan pengobatan tuberkulosis kulit hampir sama dengan tuberkulosis paru, yaitu dengan obat antiruberkulosis sesuai dengan saran dari dokter.

Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik kombinasi, seperti isoniazid, rifampisin, pirazinamid, dan etambutol.

Pengobatan umumnya diberikan selama 6 bulan atau lebih. Untuk pasien dengan infeksi TB laten juga dapat diobati dengan obat TBC untuk mencegah perkembangan penyakit aktif.

Perawatan TBC kulit lainnya yang mungkin akan disarankan dokter adalah eksisi bedah atau bahkan operasi bedah plastik. Khususnya, pada jenis tuberkulosis kulit vulgaris atau skrofuloderma. (shtq/yni)

0 Komentar