5 Fakta Tentang Harga Tiket Candi Borobudur, Ada Kabar Baik

5 Fakta Tentang Harga Tiket Candi Borobudur, Ada Kabar Baik
Ancient Buddha statue and stupa at Borobudur temple in Yogyakarta, Java, Indonesia.
0 Komentar

Nasional – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memiliki wacana mengenai harga baru wisata Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu per orang untuk wisatawan domestik.

Pengunjung dibatasi

Luhut Binsar mengungkapkan akan membatasi jumlah pengunjung di kawasan wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah, menjadi sebanyak 1.200 orang per hari.

“Adapun tarif untuk wisatawan mancanegara sebesar USD 100 dan Rp 750 ribu untuk wisatawan domestik.
Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya USD 100 untuk wisman dan turis domestik sebesar Rp 750 ribu. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja,” ungkapnya sebagaimana dilansir dari akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan di Jakarta.

Wajib dibarengi pemandu wisata

Baca Juga:Waspada TBC Kulit, Penyakit Langka yang Gejalanya Sulit di DeteksiARD Akan Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur, Jika Jadi Bupati Subang

Koordinator PPKM Jawa Bali itu menyatakan demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara semua turis harus memakai jasa pemandu wisata (tour guide) dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

“Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang,” ungkap Luhut.

Ada desain baru untuk Candi Borobudur

Luhut memaparkan pemerintah saat ini tengah bergotong royong mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional.

Berkonsep ekonomi berkelanjutan

Luhut juga meyakinkam penerapan prinsip ekonomi biru, hijau, dan sirkular sudah mulai diterapkan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Mulai Sabtu (4/6) ini, dilaksanakan uji coba pemakaian bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata. Rute perjalanan shuttle bus ini meliputi Borobudur-Malioboro-Prambanan.

Gubernur Jateng minta waktu untuk tarif baru

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi saran kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan agar menunda kenaikan harga tiket untuk naik ke Candi Borobodur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ganjar memaparkan kepada Luhut bahwa akhir-akhir ini banyak masyarakat yang memberikan protes mengenai rencana kenaikan harga tiket tersebut. Usulan Ganjar tentang penundaan rencana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur itu diterima dengan baik dan disetujui Luhut Binsar. (jpnn/yni)

0 Komentar