Penyebab Tubuh Menjadi Panas Saat Berolahraga

Penyebab Tubuh Menjadi Panas Saat Berolahraga
Young man and heat stroke.
0 Komentar

Health – Kamu mugkin menyadari bahwa tubuh akan menjadi panas saat dan setelah berolahraga. Peristiwa tersebut adalah hal yang wajar.

Namun, kamu harus waspada jika kenaikan suhu tubuh terjadi secara berlebihan karena hal ini dapat mengakibatkan kondisi berbahaya.

Mengapa saat kita berolahraga tubuh kita menjadi lebih panas?

Besaran suhu tubuh yang normal adalah sekitar 36,38 – 36,6 derajat Celcius. Selama berolahraga, suhu tubuh dapat naik hingga menjadi sekitar 38 derajat Celcius.

Baca Juga:5 Fakta Tentang Harga Tiket Candi Borobudur, Ada Kabar BaikWaspada TBC Kulit, Penyakit Langka yang Gejalanya Sulit di Deteksi

Penyebab tubuh terasa panas saat olahraga adalah karena saat bergerak, otot akan menghabiskan energi yang tersimpan. Untuk membuat lebih banyak energi, otot menyatukan oksigen dan adenosin trifosfat (ATP).

Proses tersebut dapat menghasilkan energi panas sebagai produk cadangan yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Otot menghasilkan panas paling banyak karena memproduksi begitu banyak energi.

Jumlah kenaikan suhu yang terjadi selama berolahraga tergantung pada berbagai hal, misalnya jenis aktivitas yang dilakukan, iklim, dan suhu ruangan. Saat suhu tubuh meningkat, tubuh memiliki mekanisme untuk menjaga suhu inti tetap berada pada tingkat yang aman.

Suhu tubuh yang optimal saat berolahraga adalah sekitar 37,5 derajat Celcius. Sebaiknya suhu tubuh tidak melebihi level ini selama berolahraga karena suhu tubuh yang terlalu panas dapat membahayakan.

Maka dari itu, tubuh akan mengatur agar suhu tidak panas berlebihan, salah satu caranya adalah dengan mengeluarkan keringat. (shtq/yni)

0 Komentar