Cara Mengusir Tikus Selain Menggunakan Perangkap

Cara Mengusir Tikus Selain Menggunakan Perangkap
Wood mouse in front of a white background
0 Komentar

Ragam – Tikus kerap kali nampak di dalam rumah meski berbagai lubang sudah ditutup. Datangnya tikus bukan hanya membuat jijik, namun juga kerap merusak perabotan.

Bukan hanya itu, lingkungan rumah juga jadi kotor dan bisa memicu berbagai penyakit. Hal ini membuat banyak orang kerap mencari cara mengusir tikus.

Tabur lada hitam

Tikus mempunyai indera penciuman yang kuat. Dengan memakai lada hitam mampu membantu mengusir mereka agar tidak kembali.

Baca Juga:Deretan Kebiasaan Pemakaian Kecantikan Berikut, Tidak Boleh Terlalu Sering Digunakan5 Kebiasaan Kecil yang Dianggap Sepele, Ternyata Hanya Membuang-buang Waktu, Kamu yang Mana?

Serbuk dan bau lada hitam yang menyengat dapat menjadikan penciuman tikus tidak nyaman dan pergi menjauh. Hal ini karena senyawa piperin pada lada hitam yang mengakibatkan iritasi pada saluran hidung tikus.

Kapur Barus

Mmengusir tikus dengan bebauan lainnya adalah memakai kapur barus. Kapur barus mempunyai aroma harum menyengat yang juga dibenci tikus maupun curut.

Remukan beberapa butir kapur barus dan taburkan di sudut-sudut atau tempat yang sering dilalui tikus di rumah.

Cuka apel

Aroma lain yang juga dibenci oleh tikus adalah cuka apel. Caranya, tuangkan cuka apel ke botol semprot.

Kemudian, tambahkan air dan semprotkan ke area yang biasa dilewati tikus. Penyemprotan bisa dilakukan sesering mungkin sampai tikus tidak nyaman dan keluar dari rumah.

Sabut besi cuci piring

Halangi jalan masuk tikus dengan sabut besi (steel wool) rupanya bisa menjadi cara mengusir tikus. Nantinya, sabut ini akan menjadikan tikus sulit melewati jalur tersebut.

Pasalnya, sabut besi sulit untuk dikunyah. Padahal, biasanya tikus mengerat atau mengunyah berbagai bahan yang menjadi akses masuknya, misalnya kayu, kain kasa, dan lainnya. (cnn/yni)

0 Komentar