oleh

Menjaga Kesuburan, Berikut 10 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan!

HEALTH-Jahe merah memiliki ciri aroma dan rasa yang lebih pedas dari jahe biasa. Sejumlah manfaat jahe merah seperti menjaga kesuburan hingga mencegah risiko penyakit jantung.

Jahe merah (zingiber officinale var. rubrum) termasuk dalam familizingiberaceae. Varian jahe ini dikenal dengan warna merahnya yang berbeda dengan jahe biasa. Jahe merah juga disebut jahe sunti.

Selain perbedaan warna, jahe merah pun memiliki aroma yang lebih tajam dan rasa yang lebih pedas dari jahe biasa. Jahe merah mengandung sejumlah senyawa yang berkhasiat untuk obat.

Manfaat Jahe Merah ntuk Kesehatan.

1. Menambah stamina

Manfaat jahe merah digunakan sebagai obat untuk menambah stamina (tonikum) dan untuk menghilangkan nyeri otot.

Jahe dapat menbantu mengurangi tingkat tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Jahe juga memiliki sifat anti – inflamasi yang mungkin memiliki efek menguntungkan pada nyeri otot

2. Menghambat jamur

Kandungan limonene dalam jahe merah memiliki manfaat untuk menghambat jamur candida albicans, penyebab infeksi jamur pada area kulit.

3. Pereda rasa sakit

Manfaat jahe merah untuk pereda rasa sakit adalah hasil dari kandungan 5-gingerdon dan 6- gingerol di dalamnya. Kandungan tersebut dapat menekan prostaglandin sehingga meredakan rasa sakit.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jahe merah mengandung asam alfa-linolenat yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Senyawa tersebut bekerja dengan membantu menjaga irama dan pemompaan jantung yang normal

Asam alfa-linolenat juga berpotensi untuk mengurangi pembekuan darah

5. Menjaga kesuburan

Mengonsumsi jahe merah bisa bantu untuk menjaga kesuburan karena adanya kandungan argini di dalamnya.

Argini ini membantu tubuh memproduksi nitrat oksida yang meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan ovarium.

Beberapa peneliti menunjukan bahwa argini ternyata bisa meningkatkan kesuburan dan kualitas sel telur (ovum) dengan meningkatkan sirkulasi sehingga tubuh mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pematangan sel telur.

6. Mencegah bakteri pada mulut

Jahe merah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kumur agar nantinya mulut terhindar dari bakteri.

Kandungan minyak atsiri pada jahe merah bisa membuat tenggorokan dan rongga mulut tetap terasa segar.

7. Bantu menurunkan berat badan

Jahe merah bisa bantu menurunkan berat badan karena kandungan capsaicin di dalamnya.

Studi dalam jurnal “appetite” menerangkan, bahwa capsaicin meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan keinginan untuk makan.

Hasil penelitian juga menunjukan bahwa menambahkan capsaicin saat dalam masa diiet dapat menekan nafsu makan. Hal ini juga bisa menyebabkan penurunan asupan kalori dan menurunkan berat badan.

8. Menjaga kesehatan jantung

Jahe merah mengandung asam klorogenat. Konsumsi asam klorogenat melalui jahe merah dapat membantu mengurangi resiko hipertensi, ateosklerosis, dan gagal jantung.

9. Mencegah diabetes

Manfaat jahe merah untuk mencegah diabetes karena adanya kandungan 6-gingerol yang berpotensi menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Jahe merah juga ternyata berperan dalam penurunan produksi glukosa dan peningkatan sintesis glikogen.

Hingga hasil dari penelitian bahwa jahe merah dapat memberikan kemungkinan terapeutik serta pencegahan untuk diabetes tipe 2 atau diabetes melitus.

10. Meredakan mual

Meminum jahe merah dapat digunakan untuk meredakan rasa mual dan muntah. Jahe juga dapat membantu mual terkait kemoterapi dan kehamilan.

Seperi mual pada pagi hari. Sebuah publikasi dalam “journal of nutrition” menemukan, dari 12 penelitian yang mengakibatkan 1.278 wanita hamil, konsumsi 1 hingga 1,5 gram jahe dapat secara signifikan mengurangi gejala mual pada wanita hamil.(ind/erz)

BACA JUGA: Ternyata Air Rebusan Daun Salam Memiliki Banyak Khasiat, Simak Berikut Ini!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.