Tips Mengatasi Betis Pegal, Ternyata Mudah Dilakukan

Tips Mengatasi Betis Pegal, Ternyata Mudah Dilakukan
Tips Mengatasi Betis Pegal, Ternyata Mudah Dilakukan
0 Komentar

Health – Memiliki aktivitas padat dan berat bisa mengakibatkan betis terasa pegal. Keadaan ini tentu tidak membuat nyaman, bahkan dapat menghalangi aktivitas.

Namun, tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara menghilangkan pegal di betis yang bisa kamu praktikan dengan sangat gampang.

Betis pegal kerap kali dihubungkan dengan kram otot, tetapi ada berbagai penyebab yang bisa memicunya. Agar tidak keliru, sebaiknya kamu cermati terlebih dahulu penyebab betis pegal sebelum mengetahui cara mengatasinya.

Baca Juga:PMK Berdampak Pada Kenaikan Harga Hewan KurbanHati-hati! Model Baru Peredaran Sabu-sabu, Diselipkan dalam Barang Elektronik

Penyebab betis pegal

Pegal pada betis mayoritas terjadi akibat cedera ringan, seperti kram atau tegang otot betis. Keadaan ini lebih sering dirasakan orang yang berolahraga dan memberi tekanan berat pada otot betis mereka.

Berikut adalah penyebab betis pegal yang mungkin dapat terjadi:

  • Kram otot

Kram otot betis terjadi ketika otot tiba-tiba berkontraksi sehingga mengakibatkan kejang otot yang menyakitkan. Kram mungkin hanya terjadi selama beberapa detik, tetapi otot bisa terasa pegal selama berjam-jam setelahnya.

Kram otot betis mayoritas terjadi pada orang yang berolahraga lebih dari porsinya atau baru berolahraga. Hal tersebut dapat disebabkan dari aktivitas fisik berkepanjangan, kurang peregangan, dehidrasi, hilangnya elektrolit melalui keringat, atau kelemahan otot.

  • Varises

Bukan hanya muncul garis biru pada permukaan betis, varises juga bisa mengakibatkan pegal pada bagian betis.

Varises adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang mayoritas terjadi di bagian kaki akibat penumpukan darah.

Keadaan ini mengakibatkan rasa sakit, kram, dan pegal-pegal pada betis. Beberapa penyebab yang dapat memicu varises, yaitu usia, riwayat keluarga, kehamilan, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik.

  • Memar di betis

Hantaman langsung ke otot betis, seperti akibat tendangan atau pukulan, dapat merusak jaringan otot tanpa melukai kulit. Kapiler di bawah kulit pun pecah yang menyebabkan munculnya memar.

Baca Juga:Lengkap! Berikut Jadwal Konser Musik Jakarta Fair 2022Nihil Hewan Penyakit Mulut dan Kuku, Petugas Pemeriksa Hewan Kurban Disebar

Bukan hanya nyeri, memar di betis juga dapat disertai rasa pegal. Tetapi, keadaan ini dipercaya bisa sembuh dengan sendirinya.

Tips menghilangkan pegal di betis

Betis pegal sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas tidur kamu. Adapun cara menghilangkan pegal di betis, yaitu:

0 Komentar