Sisingaan Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ Jabar

Sisingaan Meriahkan Pawai Ta'aruf MTQ Jabar
YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES MERIAH: Kesenian sisingaan Subang memeriahkan Pawai Ta'aruf MTQ tingkat provinsi Jawa Barat ke-37 di Sumedang, Minggu (19/6).
0 Komentar

SUBANG-Kabupaten Subang ikut memeriahkan Pawai Ta’ruf dalam rangka pembukaan MTQ ke-37 di Sumedang, Minggu (19/6). Kafilah Subang memeriahkan pawai dengan sisingaan khas Subang.

Pantauan Pasundan Ekspres, pawai kesenian sisingaan khas Subang itu mendapat respo positif dari masyarakat setempat yang menyaksikan. Mereka terhibur dengan pertunjukan sisingaan.

Selain Subang, daerah lain juga melakukan pertunjukan khas daerahnya masing-masing. Misalnya Karawang menampilkan egrang, Bandung Barat pawai motor vespa, Kota Bandung menampilkan angklung, Garut dengan dombanya, kemudian Depok menampilkan pencak silat, dan berbagai daerah lainnya tak kalah menarik.

Baca Juga:Pejabat Pengawas Kawal Kebijakan, Pengembangan dan Pembinaan ASNHani Hanifah Bercita-cita Ingin Terbitkan Buku

Warga Sumedang Putra Rama (39) mengatakan baru pertama kali menyaksikan pawai yang diikuti oleh perwakilan dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

“Ramai dan unik-unik, mereka membawa kekhasan daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Warga lainnya Damar (21) mengaku tertarik dengan kesenian Sisingaan. Orang yang menggotong sisingaan sangat lincah dan atraktif. Antusias dari FKGN, FTHMI, FKDT, BAZNAS, dan pemerintah daerah sangat bagus.

Kabag Kesra Seta Subang, H Iwan Budianto mengatakan, Pemda Subang sangat optimis akan mendapatkan juara dalam MTQ ke-37 ini. Pada gelar MTQ sebelumnya, Subang mendapat catatan yang bagus.

“Pada MTQ Provinsi Jawa Barat ke-36 mendapatkan peringkat ke-4. Tahun ini harus dapat peringkat ke-5 besar lagi minimalnya,” bebernya.

Menyambut MTQ ke-37, kata Iwan, Pemda Subang aktif melakukan koordinasi dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Subang. Bahkan pembinaan terus dilakukan agar hasilnya maksimal.

Ketua LPTQ Kabupaten Subang H Hamdan Lubis mengatakan, Subang mengirimklan sebanyak 37 kafilah untuk mengikuti ajang lomba MTQ Provinsi Jawa Barat.

“Dilakukan pembinaan terlebih dahulu sebelum tampil dalam ajang skala provinsi tersebut,” bebernya.

Baca Juga:Pemekaran Subang Utara Baru Masuk BaperdaDKM Darul Jadid Gelar Tabligh Akbar, KOKAM Subang Kawal Ustad Abdul Somad

Seperti diketahui, MTQ ke-37 tingkat Jawa Barat digelar di Sumedang. Diikuti peserta 1.126 dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. MTQ dilaksanakan 18-25 Juni 2022.(ygo/ysp)

 

0 Komentar