Viral Ibu Minta Ganja Medis Untuk Anaknya, Polda Metro Jaya: Tetap Dilarang

Viral Ibu Minta Ganja Medis Untuk Anaknya, Polda Metro Jaya: Tetap Dilarang
0 Komentar

JAKARTA– Polda Metro Jaya bilang tetap dilarang dalam merespons viralnya seorang ibu minta ganja medis untuk pengobatan anaknya penderita celebral palsy.

Polda Metro Jaya menegaskan bahwa ganja sebagai salah satu jenis narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang (narkoba) tetap dilarang di Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta.

Baca Juga:Pil Pahit MTQ Ke-37 Tingkat Jabar, Kafilah Subang Terjun dari Peringkat Empat Ke-17Ini Cara Bawaslu Kabupaten Subang Sukseskan Pemilu 2024

“Ganja tetap dilarang, ganja tetap tidak bisa digunakan. Kalau medis itu mungkin kewenangan dokter,” kata Endra Zulpan dikutip Antara, Senin (27/6/2022).

Kombes Pol Endra Zulpan menegaskan hal itu dalam menanggapi viralnya foto seorang ibu di media sosial karena membawa poster bertuliskan membutuhkan ganja medis untuk pengobatan anaknya saat hari bebas kendaraan, di Jakarta, Minggu (26/6/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya itu melanjutkan, hingga saat ini belum ada aturan perundang-undangan yang melegalkan penggunaan ganja di Indonesia.

Zulpan menambahkan, pihaknya bekerja sesuai dengan aturan yang ada dalam undang-undang bahwa penggunaan ganja saat ini belum dapat dilegalkan.

“Kalau kepolisian bekerja menggunakan undang-undang itu amanat dari yang diberikan negara,” ujar Zulpan.

“Kepolisian kan aparat penegakan hukum yang melakukan penegakan hukum berdasarkan undang-undang, kalau mau mengubah undang-undang, itu kewenangannya bukan di kita,” sambungnya.

Sebelumnya viral di media sosial unggahan foto yang menampilkan seorang ibu membawa poster bertuliskan butuh ganja medis saat hari bebas kendaraan atau CFD di Bundaran HI, Minggu (26/6/2022).

Baca Juga:Peremajaan, Kementerian PUPR Ganti Empat Jembatan di Jalur PanturaLagu ‘Stadion Butut’ Berkumandang di Stadion Persikas

Foto ibu yang meminta ganja medis ini awalnya diunggah di akun media sosial Twitter penyanyi Andien Aisyah yakni @andienaisyah.

Ibu yang diketahui bernama Santi itu mengaku mempunyai anak bernama Pika yang menderita penyakit Cerebral Palsy.

Menurut sang ibu, obat untuk menyembuhkan penyakit itu adalah minyak biji ganja alias CBD Oil.(fin)

0 Komentar