Hati-hati! Beberapa Hari Ke Depan Daerah Ini Terancam Banjir dan Longsor

Hati-hati! Beberapa Hari Ke Depan Daerah Ini Terancam Banjir dan Longsor
Hati-hati! Beberapa Hari Ke Depan Daerah Ini Terancam Banjir dan Longsor
0 Komentar

Nasional – Peluang bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor harus diwaspadai masyarakat.

Potensi bencana banjir dan tanah longsor tersebut bisa terjadi pada hari ini sampai beberapa hari ke depan.

Pasalnya, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejumlah daerah di Indonesia akan mengalami hujan lebat.

Baca Juga:Ketua RT Mahir Jadi MCBikin Geger! Fosil Putri Duyung Ditemukan di Jepang, Diprediksi Berusia 300 Tahun

Beberapa daerah di Sumatera, Kalimantan dan Jawa yang rawan longsor harus mewaspadainya. Sebab prediksi BMKG peluang hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah tersebut.

Peringatan dini cuaca BMKG dikutip, pada Rabu 29 Juni 2022, potensi hujan lebat akan mengguyur di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Hujan lebat diprediksi juga terjadi pada hari ini di daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Secara khusus kota besar yang memiliki potensi untuk mengalami hujan petir adalah Bengkulu, Pontianak, Banjarmasin, dan Manado pada siang hari. Hujan petir diprakirakan akan turun di Tarakan pada malam dan dini hari sementara di Samarinda pada dini hari.

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprediksi akan turun di wilayah Riau, sedangkan Jawa Barat berpotensi mengalami angin kencang.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta diprakirakan akan mengalami cuaca cerah sepanjang siang dan malam hari ini. Sementara cerah berawan akan terjadi pada dini hari di lima wilayah kota administrasi dan Kepulauan Seribu.

BMKG juga memperingatkan wilayah di Sulawesi Tenggara masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti terjadi banjir dan longsor.

Baca Juga:Begini Penjelasan Hukum Orang yang Mampu Tapi Tidak BerkurbanSimak! Begini Penjelasan Tentang Penyakit Bipolar yang Diderita oleh Marshanda

Untuk kategori waspada pada hari ini adalah Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. (fin/yni)

0 Komentar