Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak 3 Kali, Inilah Detik-detik Penembakannya

Kondisi Shinzo Abe setelah ditembak dengan senjata rakitan dari belakang pada Jumat pagi di Nara.-Tangkapan Layar/Youtube/TheStraitsTime-disway.id
Kondisi Shinzo Abe setelah ditembak dengan senjata rakitan dari belakang pada Jumat pagi di Nara.-Tangkapan Layar/Youtube/TheStraitsTime-disway.id
0 Komentar

Pemilihan Majelis Tinggi

Jepang memberikan suara dalam pemilihan Majelis Tinggi pada hari Minggu 10 Juli 2022, di mana 545 kandidat bersaing memperebutkan 125 kursi.

Para petinggi LDP yang berkuasa telah menyebar ke seluruh negeri untuk berkampanye untuk kandidat partai.

Abe (67) adalah perdana menteri terlama di Jepang, dengan dua masa jabatan dari 2006 hingga 2007 dan 2012 hingga 2020.

Baca Juga:Perwira TNI Korban Penusukan Dimakamkan di PadalarangGula Aren Produk Unggulan Sukasari, Si Manis dari Parungbanteng Purwakarta

Masa jabatan pertama Abe diganggu oleh skandal dan perselisihan, dan mengundurkan diri dengan alasan kesehatan yang buruk.

Dirina kemudian mengakui bahwa dia menderita penyakit yang didiagnosis sebagai kolitis ulserativa.

Tetapi mantan perdana menteri tetap mendominasi LDP. Dia memimpin faksi terbesar partai dan ada pembicaraan bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk kembali jika ada kesempatan.

Rekor-rekor Abe sebagai perdana menteri sebelum dia mengundurkan diri pada tahun 2020 membawa stabilitas ke Jepang setelah pintu putar enam pemerintahan, termasuk tugas sebelumnya olehnya

Dia membantu Jepang keluar dari siklus deflasi, menghadapi pemerintahan Trump yang mempertanyakan satu-satunya aliansi militer negara itu.

Ia bekerja untuk meningkatkan hubungan dengan mitra dagang terbesarnya Tiongkok, yang paling bermusuhan dalam beberapa dekade ketika dia menjabat.

Abe sosok paling dikenal karena rencananya untuk menghidupkan kembali ekonomi Jepang yang lesu melalui pelonggaran moneter.

Baca Juga:Jadi TNI Cita-cita Hengki Kurniawan Sejak Kecil, Sosok Sang Kakak MenginspirasinyaMau Dapat Rp. 5,5 Juta Tiap Bulan Meski Tak Lolos Kartu Prakerja? Begini Syaratnya

Langkah ini belum pernah terjadi sebelumnya dan reformasi peraturan yang akhirnya diberi label “Abenomics”.

Dirinya dipandang sebagai tangan yang matang dalam mengkonsolidasikan kekuatan

Abe pun dapat mengatasi skandal. Ini termasuk salah satu yang terungkap pada tahun 2017 atas alokasi lahan pemerintah yang dipertanyakan untuk sekolah yang diberikan kepada rekanan Abe dan istrinya Akie.

Abe memainkan peran utama dalam memenangkan Olimpiade 2020 untuk Tokyo, yang kemudian ditunda satu tahun hingga 2021 karena pandemi Covid-19.

“Pemerintah AS dan rakyat Amerika berdoa untuk kesejahteraan Abe-san, keluarganya, dan rakyat Jepang,” paparnya.

Thailand menyatakan keprihatinannya atas penembakan tersebut. Tanee Sangrat, Direktur Jenderal Departemen Penerangan dan juru bicara Kementerian Luar Negeri, pihaknya terkejut atas peristiwa itu.

“Mengejutkan bahwa insiden seperti itu terjadi di negara damai seperti Jepang, (dengan mana) Thailand memiliki hubungan yang sangat istimewa,” jelasnya. (Jni)

0 Komentar