Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak 3 Kali, Inilah Detik-detik Penembakannya

Kondisi Shinzo Abe setelah ditembak dengan senjata rakitan dari belakang pada Jumat pagi di Nara.-Tangkapan Layar/Youtube/TheStraitsTime-disway.id
Kondisi Shinzo Abe setelah ditembak dengan senjata rakitan dari belakang pada Jumat pagi di Nara.-Tangkapan Layar/Youtube/TheStraitsTime-disway.id
0 Komentar

INTERNATIONAL – Pemerintah Jepang sudah memberi konfirmasi bahwa mantan perdana menteri Shinzo Abe ditembak namun kondisinya belum diketahui.

“Mantan perdana menteri Abe ditembak sekitar pukul 11.30 pagi di Nara. Seorang pria, yang diyakini sebagai penembak, telah ditahan. Kondisi mantan perdana menteri Abe saat ini belum diketahui,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno kepada wartawan, Jumat 8 Juli 2022 dilansir via Disway

Perdana Menteri Fumio Kishida segera kembali ke Tokyo dari Yamagata di utara tempat dia berkampanye untuk seorang kandidat.

Baca Juga:Perwira TNI Korban Penusukan Dimakamkan di PadalarangGula Aren Produk Unggulan Sukasari, Si Manis dari Parungbanteng Purwakarta

Mr Kishida diharapkan mencapai Kantor Perdana Menteri sekitar 14:30 (1:30 waktu Indonesia) dan akan membuat komentar tentang insiden itu.

Dihimpun dari laporan media setempat, memaparkan bahwa Abe pingsan di tengah pidato rapat umum di luar stasiun kereta api di prefektur Nara.

Dirinya berbicara atas nama kandidat Partai Demokrat Liberal (LDP) Kei Sato (43) yang tidak lain adalah anggota Majelis Tinggi saat ini yang mencalonkan diri untuk pemilihan kembali di Nara.

NHK memperlihatkan video Abe berpidato di luar stasiun kereta api ketika dua tembakan terdengar, setelah itu pandangan dikaburkan sebentar dan kemudian pejabat keamanan terlihat menangani seorang pria di tanah.

Kepulan asap di belakang Abe bisa dilihat dalam video terpisah yang ditayangkan di NHK.

Dilaporkan juga bahwa Abe mengalami pendarahan sewasktu dia pingsan. Abe ditembak tiga kali dari belakang dengan senapan, kata media mengutip polisi.

Abe dibawa dengan ambulans ke helikopter evakuasi medis dan kemudian diangkut ke Rumah Sakit Universitas Medis Nara, kata Departemen Pemadam Kebakaran Nara.

Baca Juga:Jadi TNI Cita-cita Hengki Kurniawan Sejak Kecil, Sosok Sang Kakak MenginspirasinyaMau Dapat Rp. 5,5 Juta Tiap Bulan Meski Tak Lolos Kartu Prakerja? Begini Syaratnya

Kantor berita Kyodo dan NHK menjelaskan bahwa Abe tampak dalam keadaan serangan jantung ketika dibawa ke rumah sakit, setelah awalnya sadar dan responsif.

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak 3 Kali, Inilah Detik-detik Penembakannya

Seorang pria sudah ditangkap, kata Kyodo mengutip pernyataan polisi setempat. Dia telah diidentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami. Pria berusia 41 warga Nara

Sebuah pistol sudah ditemukan di tempat kejadian dan tersangka ditangkap karena percobaan pembunuhan.

Jepang merupakan negara dengan sejumlah undang-undang senjata paling ketat di antara ekonomi terkemuka dan penembakan jarang terjadi.

0 Komentar