Biofarma Lakukan Uji Klinis Ketiga Vaksin Covid-19

Biofarma Lakukan Uji Klinis Ketiga Vaksin Covid-19 (Foto: Ilustrasi vaksin, unsplash)
Biofarma Lakukan Uji Klinis Ketiga Vaksin Covid-19 (Foto: Ilustrasi vaksin, unsplash)
0 Komentar

KESEHATAN – Biofarma lakukan Uji klinis fase ketiga terhadap vaksin COVID-19 yang digelar di Puskesmas Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut penuturan Sekretaris Perusahaan dan Hubungan Investor PT Bio Farma (Persero), R Rifa Herdian, uji klinis fase tiga vaksin COVID-19 BUMN ini telah mendapatkan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) yang ditandatangani Kepala Badan POM Penny K Lukito pada 6 Juni 2022.

“Vaksinasi COVID-19 merupakan game changer, untuk membantu bangsa Indonesia keluar dari permasalahan pandemi,” terangnya di Mataram, Sabtu.

Baca Juga:Catatan Harian Dahlan Iskan: Mas BechiHewan Kurban dari Luar Daerah yang Masuk ke Kabupaten Bandung Barat Diketahui Terpapar PMK

Rifa memaparkan, uji klinis fase tiga vaksin COVID-19 BUMN di Lombok tersebut melibatkan 953 relawan, berpusat di Puskesmas Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.

Selain itu, beberapa tempat Uji klinis fase tiga pun turut digelar di:

  • Jakarta bekerja sama dengan FK Universitas Indonesia (UI),
  • Padang bekerja sama FK Universitas Andalas
  • Makassar bekerja sama dengan FK Universitas Hasanuddin (Unhas)
  • Semarang bekerja sama dengan FK Universitas Diponegoro (Undip).

“Secara nasional uji klinis vaksin ini melibatkan 4.050 relawan. Mulai dari Padang, Jakarta, Semarang, Makassar dan Lombok,” tutur Rifa.

Vaksin COVID-19 BUMN tersebut adalah vaksin pertama yang pengembangannya dari hulu sampai hilir dikembangkan di Indonesia oleh Bio Farma.

“Dari tahapan riset dan pengembangan hingga uji klinis dipastikan telah memenuhi standar tinggi sesuai regulasi internasional dari WHO,” ungkapnya.

Rifa pun berharap, dengan dilakukannya uji klinis fase tiga itu, vaksin COVID-19 BUMN segera dapat di produksi massal.

“Mudah-mudahan akhir tahun sudah bisa di produksi. Tentunya, sudah memenuhi standar tinggi dari WHO,” imbuhnya.

Baca Juga:Malam Takbiran Idul Adha, Supermarket di Subang Penuh, Begini Trik Hindari Antri Saat BayarRayakan Idul Adha Hari Sabtu, Ratusan Jemaah Muhammadiyah Kota Bekasi Shalat Ied di 2 Lokasi

Disamping itu, Ketua Tim Peneliti Center Semarang FK Undip, dr Yetty Movieta Nency, menjelaskan bahwa uji klinis fase tiga tersebut dilaksanakan setelah uji fase satu dan dua mendapatkan hasil memuaskan, yang mama uji klinis tersebut dimulai sejak Februari 2021 selama tiga bulan.

Biofarma Lakukan Uji Klinis Ketiga Vaksin Covid-19

Uji klinis fase satu disebut aman pada relawan dan memberikan peningkatan respon imun tubuh yang meningkat dengan signifikan sampai 28 hari usai vaksinasi kedua.

0 Komentar