Catatan Harian Dahlan Iskan: Mas Bechi

Putra Pengasuh Ponpes Pesantren Shiddiqiyyah KH Muchtar Mukthi, Moch Subchi membelakangi wartawan.-humas kemenkumham jatim-
Putra Pengasuh Ponpes Pesantren Shiddiqiyyah KH Muchtar Mukthi, Moch Subchi membelakangi wartawan.-humas kemenkumham jatim-
0 Komentar

Gua itu sekarang jadi pusat turis di Jordania. Saya tidak pernah mempertanyakan kebenarannya ketika ke gua itu kapan itu. Hanya saja terlintas di pikiran: makanya orang yang lagi dimusuhi penguasa baiknya tidur selama 300 tahun.

Nia tidak menyebutkan apakah Muchtar tidak suka penguasa saat muda. Ia memutuskan melakukan perjalanan jauh seperti Musa. Dari makam ke makam. Jalan kaki. Sampai ke Banten. Berguru ke Syekh Jamali. Mendalami tarekat –ilmu hakikat hidup untuk bisa bertemu dengan Tuhan.

Dalam perjalanan itulah, menurut Nia, Muchtar mendapat ilham. Ia cukup rendah hati untuk tidak menyebut wahyu. Tapi itu bukan sembarang ilham. Ia menyebutnya ilham ruhi. Itu untuk membedakan antara bisikan Tuhan dan bisikan setan. Atau bisikan khayalan. Rupanya ia sadar akan banyak yang mempersoalkan kebenaran ilhamnya itu.

Baca Juga:Hewan Kurban dari Luar Daerah yang Masuk ke Kabupaten Bandung Barat Diketahui Terpapar PMKMalam Takbiran Idul Adha, Supermarket di Subang Penuh, Begini Trik Hindari Antri Saat Bayar

Ilham ruhi itu terus berdatangan kepadanya. Bertahap-tahap. Lalu ia rumuskan dalam satu rangkaian doa-wirid-zikir selama satu jam itu: Zikir Kautsar.

Muchtar pun membangun gubuk kecil. Di tahun 1968. Saat itu begitu banyak orang stres. Akibat peristiwa nasional tiga tahun sebelumnya.

Nia menggambarkan gubuk itu berukuran 3 x 5 meter. Terbuat dari bambu (dinding) dan ijuk (atap). Tiang-tiangnya dari batang jambe, pinang.

Itulah awal berdirinya pondok di Ploso. Pondok itu ia beri nama Maulana Malik Ibrahim. Rupanya itulah makam pertama yang ia kunjungi di pengelanaan masa mudanya.

Awalnya hanya sedikit yang ikut Kautsaran di situ. Mereka adalah orang yang sakit yang ingin sembuh. Mereka ingin hidup tenang. Diajarkanlah zikir itu. Diajaklah Kautsaran.

Kian lama kian banyak orang yang punya masalah: ikut Kautsaran. Termasuk masalah karir dan jabatan. Juga masalah kejombloan dan perjodohan. Masalah keinginan yang harus terkabulkan.

Beredarlah kisah sukses dari zikir itu. Dimulai oleh sukses Muchtar sendiri. Ia sudah lama punya keinginan membeli buku: Ikhya Ulumuddin. Empat jilid. Karya filsuf Islam Imam Al Ghozali (meninggal tahun 1111, di wilayah yang sekarang disebut Iran).

Baca Juga:Rayakan Idul Adha Hari Sabtu, Ratusan Jemaah Muhammadiyah Kota Bekasi Shalat Ied di 2 LokasiCatatan Harian Dahlan Iskan: Satindra

Akhirnya buku itu terbeli. Seharga 40.000. Ia merasa capaian itu berkat zikir Kautsar.

0 Komentar