Deretan Keistimewaan Tanaman Porang Bagi Kesehatan, No 3 Incaran Perempuan!

Deretan Keistimewaan Tanaman Porang Bagi Kesehatan, No 3 Incaran Perempuan!
Ekspor Porang ke China Naik Berlipat Usai Izin Kembali Dibuka
0 Komentar

Health – Tanaman porang sering juga disebut dengan iles-iles. Tanaman tersebut adalah jenis tanaman yang dapat ditemukan di hutan.

Dilansir dari situs Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, porang termasuk dalam tumbuhan semak (herba) yang berumbi di dalam tanah. Tanaman porang sudah ada sejak zaman dahulu dan digunakan sebagai bahan pangan dan industri.

Meminimalisisr jumlah kolesterol di dalam darah

Olahan tepung glukomanan dari umbi porang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan glukomanan pada umbi tersebut.

Baca Juga:Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor Jadi FavoritPemdes Margahayu Kembali Lanjutkan Pembangunan Kantor Desa

Menurut hasil penelitian dalam Jurnal Ilmu Farmasi dan Farmasi Klinik Vol.11 No. 2 Desember 2014. Glukomanan memiliki sifat sebagai serat yang mampu menyerap air. Serat tersebut dapat mengikat garam empedu di lumen usus sehingga menghambat proses daur ulang dan garam empedu.

Jumlah garam empedu yang sedikit maka akan dikembalikan ke hati. Hal ini akan merangsang hati untuk membentuk garam empedu yang baru dan mengambil.

Sebagai bahan baku industri

Porang memiliki glukomanan yang dapat digunakan untuk bahan dasar industri pangan, kimia, dan farmasi. Beberapa contoh pemakaian porang antara lain untuk produk makanan seperti konnyaku dan shirataki. Porang juga digunakan untuk produk kue, roti, es krim, permen, dan sebagainya.

Dapat dipakai sebagai bahan dasar produk makanan

Produk makanan dari bahan dasar porang mayoritas ditemui pada keripik, tepung porang, dan tepung glukomanan.

Pengolahan umbi porang menjadi keripik dan tepung adalah usaha untuk menginaktivasi enzim yang dapat merusak glukomanan bila disimpan dalam bentuk segar.

Pada pembuatan keripik, umbi porang segar disortasi dahulu dengan memisahkan umbi yang tidak rusak. Kemudian dikupas, dicuci, dan direndam dalam air untuk mencegah terjadinya pencoklatan.

Membantu menurunkan berat badan

Porang dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Menurut Kithley dan Swanson (2005), mekanisme penurunan berat badan dengan konsumsi glukomanan dari porang berhubungan dengan kemampuannya untuk menyerap banyak air dan membentuk massa yang kental (gel).

Baca Juga:Stok Darah Penderita Thalasemia Tersedia, Bupati Wajibkan Donor DarahKemenkominfo Himbau untuk Tidak Berkomentar Negatif di Sosial Media, Akibatnya Fatal!

Mekanisme tersebut mampu menunda pengosongan lambung dan waktu transit makanan dari lambung ke dalam usus halus berjalan lebih lambat. Keadaan tersebut memberi efek rasa kenyang karena perut terasa penuh. (ktd/yni)

0 Komentar