Catatan Harian Dahlan Iskan: Bisik-Bisik Keras

Catatan Harian Dahlan Iskan: Bisik-Bisik Keras (FOTO BERSAMA- Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo berfoto bersama keluarga besarnya dan para ajudan. Salah satunya Brigadir J dan Bharada E.-- )
Catatan Harian Dahlan Iskan: Bisik-Bisik Keras (FOTO BERSAMA- Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo berfoto bersama keluarga besarnya dan para ajudan. Salah satunya Brigadir J dan Bharada E.-- )
0 Komentar

TV One termasuk yang pertama menyiarkan konferensi pers itu. Detik.com juga.

Pertanyaannya: kalau sudah berhasil ”menyembunyikannya” selama tiga hari mengapa dibuka lewat konferensi pers?

Kemungkinan pertama, sudah berkembang bisik-bisik di lingkungan terbatas di Polri. Irjen Pol Sambo pasti sudah melapor ke atasan mengenai apa yang terjadi, versi dirinya.

Baca Juga:Siapa Mau? Google Siapkan Program Pelatihan Lengkap Beasiswa Bagi Lulusan BaruHarga EMAS Hari Ini Melonjak Lagi, Bikin Ibu-ibu Bahagia

Kita tidak tahu kapan ”lapor diri” itu dilakukan? Sang atasan pasti melakukan koordinasi dengan staf. Sikap harus ditentukan. Sejak itu mulailah bisik-bisik beredar. Kian hari kian luas. Termasuk yang sudah dibumbui.

Kemungkinan kedua, keluarga korban juga memberitahu keluarga dekat tentang kematian Brigadir Joshua. Juga kian luas. Berikut bumbu-bumbu penyedapnya.

Tukang bumbunya bisa siapa saja: oknum di media, oknum di keluarga korban, oknum di instansi kepolisian. Bahkan bisa saja dari orang yang ingin menjatuhkan seseorang.

Wartawan tertolong oleh bisik-bisik-keras di medsos itu. Wartawan punya alasan untuk melakukan konfirmasi ke sumber yang kompeten. Atau mengecek ke lapangan.

Jelas dalam kasus tembak-menembak itu wartawan mengalami hambatan. Dihalangi. HP diperiksa. Isi dihapus.

Media sudah mengadu.

Tiga hari kemudian giliran istri pemilik rumah mengadu ke Dewan Pers. Lewat pengacaranya. Dia menggugat pers. Media dianggap kurang empati kepada sang istri.

Mungkin yang dia maksud adalah media medsos. Yang belakangan memang seru sekali. Foto-foto polwan cantik ikut diunggah. Lengkap dengan nama dan pangkatnyi. Juga kisah-kisahnyi. Liar sekali. Tidak mungkin media mainstream berbuat seperti itu.

Lalu muncul juga wajah wanita lebih berumur yang tidak normal.

Baca Juga:HEBOH Ikan Arapaima Gigas, Warga Temukan Usai Banjir GarutDPAC Partai Demokrat Kota Bandung Gugat Hasil Muscab

Sebuah media medsos lantas menulis. Tulisan yang ada di medsos dijadikan fakta untuk tulisan di medsos. ‘Ada netizen mengatakan…..’. Itu jadi fakta sebagai dasar menulis.

Itulah yang disebut fakta model baru. Di dunia media masa kini. (Dahlan Iskan)

0 Komentar