33.858 Siswa Pendaftar PPDB SMA di Jawa Barat Tak Tertampung

33.858 Siswa Pendaftar PPDB SMA di Jawa Barat Tak Tertampung
0 Komentar

PURWAKARTA-Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat H. Dedi Supandi, merilis statistik pendaftar diterima PPDB SMA dan SMK 2022. Dari statistik tersebut diketahui di seluruh wilayah Jawa Barat ada pendaftar sebanyak 286.716. Sementara kuota yang tersedia hanya 178.040 kursi.

Kemudian yang diterima sampai dengan akhir tahap kedua ada 153.555. Artinya, masih ada kursi kosong dan ini sedang dilakukan proses pengisian secara manual.

Dari statistik itu pula dapat diketahui jumlah pendaftar jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) sebanyak 85.442. Sedangkan alokasi kuotanya hanya 51.584 yang telah terpenuhi 100 persen. Sehingga ada 33.858 pendaftar jalur KETM yang tidak tertampung.

Baca Juga:Tahu Sumedang Odjo Miliki Rasa Enak dan Gurih, Produksi Terus Meningkat, Sehari Habis Satu Kwintal KedelaiWarung Nasi Timbel Rock N Roll Sajikan Menu Lengkap

Hal ini lah yang menjadi catatan Komisi V DPRD Jawa Barat.

Pasalnya, jika dibandingkan tahun lalu yang kuotanya 15 persen, ada pengurangan jalur KETM di tahun ini sebesar tiga persen menjadi 12 persen.

“Seharusnya, ada sekitar 5.300-an anak lagi yang bisa masuk lewat jalur KETM apabila tidak ada pengurangan kuota,” kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat H. Abdul Hadi Wijaya melalui rilisnya, Rabu (20/7).

Hal ini, sambungnya, menjadi gambaran untuk evaluasi. Di mana Komisi V DPRD Jawa Barat mengusulkan agar keberpihakan kepada siswa KETM bisa lebih baik lagi.

“Minimalnya, kuota jalur KETM dikembalikan lagi dari 12 persen menjadi 15 persen,” ujar politisi PKS yang akrab disapa Gus Ahad ini.

Karena pada dasarnya, lanjut Gus Ahad, siswa KETM ini tak punya pilihan selain untuk bersekolah di sekolah negeri.

“Kalau tak sekolah di negeri pilihannya menganggur. Berbeda halnya dengan siswa non-KETM atau siswa mampu yang masih bisa memilih sekolah swasta yang jumlahnya cukup banyak,” ucap Gus Ahad.

Baca Juga:Irda Periksa 58 Desa Tak Patuh Lapor Aset, Barang Rusak Hingga HilangTak Kunjung Sembuh! 20 Penderita TBC Ketergantungan Obat

Komisi V juga, kata Gus Ahad, akan mengusulkan kepada Disdik Jabar agar memperbanyak cakupan titik-titik SMA Terbuka, terutama di Kantor Cabang Pendidikan (KCD) yang jumlah siswa KETM-nya besar.

“Sekolah terbuka ini sangat menguntungkan, terutama bisa meningkatkan angka serapan siswa,” kata Legislator Dapil Purwakarta – Karawang ini.

Lebih lanjut Gus Ahad menyampaikan jika pihaknya menghargai bahwa proses PPDB sudah berjalan. Tapi di sisi lain juga prihatin bahwa ternyata masih banyak siswa berlatar belakang ekonomi kurang mampu tidak berhasil masuk ke sekolah negeri.

0 Komentar