Menilik Bakso Bambu Runcing di Purwadadi Milik Erna Kurniasih

Editor:

Terinspirasi dari Penjajahan Bangsa Indonesia

 

Bakso, merupakan kuliner merakyat yang disukai oleh banyak orang dan paling banyak peminatnya. Bukan hanya bentuk bulat kini bakso pun dibuat menjadi aneka bentuk untuk membuat penggemar bakso semakin tertarik. Maka munculah variasi-variasi menu bakso yang menggugah selera seperti bakso Bambu Runcing.

 

CINDY DESITA PUTRI, Purwadadi

 

Bambu runcing populer di Indonesia karena menjadi senjata tradisional untuk melawan penjajah. Nah kalau di Purwadadi, bambu runcingnya bisa melawan rasa lapar para pelangganya.

Erna Kurniasih, pemilik kios Bakso Bambu Runcing Purwadadi, Subang mempunyai menu spesial yaitu Bakso Bambu Runcing. Sesuai dengan namanya, bakso ini tidak berbentuk bulat melainkan berbentuk silinder dengan bagian ujung yang tajam, persis bambu runcing.

“Awalnya sebelum usaha bakso ini saya sempat kerja dulu di pabrik, kebetulan pengen resign aja, pengen coba-coba usaha bakso. Tapi waktu dulu jualanya bakso nya masih bakso biasa bukan bakso bambu runcing,” ujar Erna Kurniasih.

Menurut Erna, kebetulan pada saat membuka usaha bakso itu pada Agustus 2020 dan terinspirasi dari perjuangan rakyat Indonesia, melawan penjajah pada zaman dulu menggunakan senjata bambu runcing ini. “Jadi saya dan suami nemiliki ide membuat bakso yang menyerupai bambu runcing,” jelasnya.

Kuliner bakso bambu runcing ini banyak diminati oleh masyarakat. Salah satunya adalah Ridwan, pelanggan Bakso Bambu Runcing asal Soklat Subang. Ridwan mengatakan, baru pertamakali mencoba menu Bakso Bambu Runcing tersebut.

“Saya asli oramg Soklat Subang. Datang ke sini jauh-jauh penasaran pengen mencoba bakso bambu runcing yang lagi viral. Bentuk basonya unik, rasanya juga enak,” jelas Ridwan.

Tak hanya bakso bambu runcing saja, menu bakso di sini juga beragam seperti bakso bola santet, bakso daging jumbo, bakso telur, dan bakso biasa.

Bakso bambu runcing, baksonya persis sekali menyerupai bambu runcing dengan isian daging cincang, cabai rawit, telur puyuh, dan baso kecil. Bakso bola santet berbentuk bulat dengan isian daging cincang, cabai rawit, sambal, telur puyuh, dan baso kecil. Bakso ini bercitara sangat pedas. Bakso jumbo terdiri dari cincangan daging, telur puyuh, dan kikil. Bakso jumbo ini tidak pedas.

Satu mangkuk bakso bambu runcing, bakso bola santet, dan bakso jumbo dibanderol dengan harga Rp 25.000, untuk bakso biasa dibanderol dengan harga Rp 12.000.

Bakso Bamu Runcing ini bertempat di Jl Raya Purwadadi, Kampung Gardu, Desa Wanakerta, Kecamatan Purwadadi, Subang. Beroperasi mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB.(cdp/vry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.