Universitas Subang Sukses Gelar KKNM-MBKM, Diikuti 767 Mahasiswa dari Tujuh Fakultas

Universitas Subang Sukses Gelar KKNM-MBKM, Diikuti 767 Mahasiswa dari Tujuh Fakultas
Rektor Universitas Subang, Dr Ir Drs H A Moeslihat Komara MSi bersama Ketua LPPM dan Panitia KKNM MKBM.
0 Komentar

Rektor Universitas Subang, Dr Ir Drs H A Moeslihat Komara MSi bersama Ketua LPPM dan Panitia KKNM MKBM.

SUBANG-Universitass Subang (Unsub) sukses menggelar Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang diikuti sebanyak 767 orang terdiri dari 7 fakultas. Pelaksanaan KKNM mulai dari 18 Juli hingga 30 Agustus 2022.

Pelaksanaan KKNM tersebar di 8 kecamatan, 48 desa di wilayah Kabupaten Subang. Sebanyak 8 kecamatan dimaksud antara Kecamatan Pusakanagara, Purwadadi, Kalijati, Dawuan, Tanjungsiang, Sagalaherang, Ciater dan Cisalak.

Baca Juga:MK Tolak Gugatan Uji Materiil UU Pers, Tuduhan Monopoli Pembuatan Peraturan oleh Dewan Pers Tidak BerdasarTantangan KPU Dalam Menghadapi Potensi Timbulnya Masalah Pada Pemilu 2024

Dalam pelaksanaan KKNM ini, mahasiswa Universitas Subang telah berupaya membantu pemerintah desa untuk melakukan inovasi sekaligus melakukan pemberdayaan BUMDes.

Ketua Panitia KKNM Universitas Subang, Dr Hj Silvy Sondari Gadzali SPsi MM menyampaikan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi serta pelaksanaan KKNM diperoleh informasi bahwa dari 48 desa lokasi KKNM terkait BUMDes diperoleh tiga kriteria.

Antara lain di desa belum ada BUMDes, sudah terbentuk namun tata kelola belum optimal dan sudah terbentuk dengan tata kelola yang baik.

“Dari tiga kriteria temuan tersebut hendaknya menjadi acuan bagi pemerintah daerah maupun pemerintah desa untuk menindak lanjuti penguatan BUMDes, sehingga BUMDes dapat berfungsi sebagai lembaga yang melayani kebutuhan ekonomi dan pelayanan umum bagi masyarakat desa serta mampu mendorong ekonomi desa,” ungkap Dr Silvy dalam Penutupan KKNM-MBKM Universitas Subang Tahun Akademik 2021/2022 secara daring, Rabu (31/8).

Dr Silvy mengatakan, untuk inovasi desa telah dilaksanakan program-program unggulan seperti desa wisata, pembuatan website desa dan pemberdayaan UMKM.
Dia menyampaikan, luaran KKNM MBKM tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Tahun ini ada dua jenis luaran KKNM MBKM yaitu laporan kelompok yang didampingi oleh DPL dan laporan individu berupa artikel yang akan dipublikasikan di jurnal PKM atau jurnal terakreditasi dengan pendampingan oleh dosen sesuai bidang ilmu.

Ketua LPPM Universitas Subang, Dr Ujang Charda S SH MH MIP MAP menyampaikan, pelaksanaan KKNM MBKM ini dilaksanakan secara hybrid yang memadukan daring dan luring. Hal itu karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Baca Juga:Tridjaya Motor Pagaden Bantu Renovasi Rutilahu Milik Warga Subang Vaksinasi dan Donor Darah Ramaikan Semarak Kemerdekaan dalam Rangka HUT ke-14 Pasundan Ekspres dan HUT ke-6 Sajati

Dia menyampaikan, KKNM MBKM merupakan pembelajaran bagi mahasiswa sekaligus pemberdayaan masyarakat. Pola ini direncanakan dan dilaksanakan secara sistematik berdasarkan masalah dan potensi yang ada di masyarakat.

0 Komentar