PPG Wujudkan Guru Bersertifikat dan Profesional, Gelombang 2 Telah Dibuka

PPG Wujudkan Guru Bersertifikat dan Profesional, Gelombang 2 Telah Dibuka
PEMBELAJARAN: Aktivitas pembelajaran di salah satu sekolah. Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi putra/putri terbaik bangsa menjadi guru untuk mengikuti seleksi PPG.
0 Komentar

JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka kesempatan bagi putra/putri terbaik bangsa yang memiliki minat, bakat, panggilan jiwa menjadi guru untuk mengikuti seleksi Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan tahun 2022.

Kali ini, seleksi calon mahasiswa program PPG prajabatan gelombang 2 dibuka untuk 18 bidang studi prioritas.
Sebelumnya pada gelombang 1, pendaftaran PPG telah dibuka untuk 19 prodi prioritas.

Hal ini untuk mengisi kuota nasional guru yang pada 2022 dialokasikan sebanyak 40 ribu formasi.

Baca Juga:Sekolah Kader Upaya Ikhtiar Politik, Nasdem Siap jadi PenyeimbangTingkatkan Literasi, Pemdes Gandasari Bangun Minat Baca Masyarakat

“Setelah mereka dinyatakan lulus dan memperoleh sertifikat pendidik, maka mereka akan diprioritaskan untuk mengisi formasi kekosongan guru di Indonesia,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pendidikan Profesi Guru, Temu Ismail di Jakarta, Kamis (1/9).

Selain itu, mahasiswa PPG prajabatan tahun ini akan memperoleh beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan selama dua semester per satu tahun. Salah satu syarat bagi pendaftar adalah lulusan S1 atau D-IV yang belum terdaftar pada Data Pokok Pendidik (Dapodik) dan Simpatika.

“Pendaftaran calon mahasiswa PPG prajabatan dibuka dari 26 Agustus sampai 26 September 2022 melalui SIMPKB pada laman ppg.kemdikbud dengan tautan pendaftaran https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran,” paparnya.

Lebih lanjut Temu Ismail menjelaskan program PPG prajabatan 2022 ini diselenggarakan guna mewujudkan keseimbangan kebutuhan dan pemenuhan guru baik secara kualitas dan kuantitas.

Selain itu, program ini bertujuan untuk menghadirkan guru bersertifikat dan profesional, dengan penyelenggaraan program yang dirancang melalui berbagai penjelasan berdasarkan program transformasi pendidikan merdeka belajar.

Pengumuman pembukaan seleksi PPG prajabatan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 6152/B.B2/GT.00.02/2022 yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) GTK, Kemendikbudristek.

Merujuk pada aturan tersebut, perkuliahan PPG Prajabatan tahun 2022 akan diimplementasi dengan model baru yang dirancang dengan desain perkuliahan menggunakan proses pembelajaran berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengedepankan inkuiri, kebiasaan refleksi, dan terintegrasi dengan kampus, sekolah, serta masyarakat dengan menggunakan teknologi digital.

Baca Juga:Dinkes Bandung Jelaskan Miras Oplosan Bahaya untuk Tubuh Manusia, Bisa Sebabkan Kematian?Pembangunan Infrastruktur di Desa Cibogo Terus Berlanjut

Temu Ismail menjelaskan lulusan PPG prajabatan diharapkan mampu menjadi guru profesional pemula, menjadi teladan, pembelajar yang mampu mengembangkan rencana dan pelaksanaan.

Juga melakukan evaluasi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik.

0 Komentar