Tak Perlu Panik, Berikut Hal Pertama yang Harus Dilakukan Saat Terkena Air Mendidih

Tak Perlu Panik, Berikut Hal Pertama yang Harus Dilakukan Saat Terkena Air Mendidih
Tak Perlu Panik, Berikut Hal Pertama yang Harus Dilakukan Saat Terkena Air Mendidih
0 Komentar

Health – Kamu mungkin pernah terkena air panas saat memasak di dapur. Saat kamu terkena air panas penting sekali untuk melakukan langkah pertama yang tepat supaya lukanya menjadi tidak terlalu parah. Kamu juga dapat mengoleskan salep luka bakar untuk penyembuhan.

Hal pertama yang harus dilakukan saat terkena air panas

Segera hindari sumber panas

Sesudah terkena air panas, usahakan untuk segera meletakkan barang yang berisi air panas tersebut terhindar dari jangkauan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah uap panasnya mengenai kulitmu.

Buka aksesori atau pakaian yang menempel

Baca Juga:Kabar Terbaru Subang : Mengangkut 7 Penumpang Mobil Travel Habis Terbakar Api di Tol Cipali, Sopir Beberkan PenyebabnyaDesak Alihkan Proyek Strategi Nasional, Dampak Kenaikan Harga BBM Subsidi

Apabila pakaian ikut tersiram air panas, segera buka pakaian. Begitu juga aksesori yang berada pada kulit yang melepuh karena luka bakar hal tersebut dapat menjadikan kulit bengkak.

Tetapi, jika sudah terlanjur menempel pada luka jangan memaksanya untuk lepas karena dapat merusak kulit yang dalam.

Dinginkan sekitar luka

Kamu dapat menggunakan air dingin dari kran atau air suam-suam kuku selama 20-30 menit. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan panas dan suhu kulit dapat kembali netral.

Usahakan untuk tidak memakai es batu atau air es. Juga jangan menaruh botol berisi air dingin atau es batu ke area kulit yang luka, karena dapat memperparah luka bakar.

Apabila bagian tubuh yang tersiram air panas cukup banyak, ada baiknya jangan langsung menyeburkan diri ke dalam bak berisi air dingin. Sebab, perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba dapat memperparah keadaan kulit.

0 Komentar