Pelabuhan Patimban Memiliki ToL Laut

Editor:

SUBANG-Kepala KSOP Patimban, Yan Prastomo menyampaikan, saat ini Pelabuhan Patimban telah memiliki tol laut dari Natuna – Patimban – Tanjung Priok, yang mampu menjadi penyambung dan membawa berbagai kebutuhan Bahan Pokok.

Yan berharap, Pemerintah Kabupaten Subang dapat mendorong pemanfaatan tol laut tersebut dengan produk dari Subang. “Mudah mudahan bisa dimanfaatkan tol laut ini,” katanya dalam pertemuan Pemerintah Daerah dengan KSOP Patimban dalam pengelolaan Pelabuhan Patimban, beberapa waktu lalu.

Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, kini telah resmi menjadi salah satu pelabuhan singgah Tol Laut trayek T-3. Ditandai dengan Seremonial Pelepasan Perdana Muatan Kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara 4, di Dermaga Pelabuhan Patimban, Selasa (14/9/2021) lalu.

KM Logistik Nusantara 4 ini tiba untuk pelayanan Tol Laut perdana di Pelabuhan Patimban pada tanggal 13 September pukul 06.00 WIB dan diberangkatkan kembali pada tanggal 14 September 2022 jam 17.00 WIB.

Yan Prastomo Ardi mengungkapkan, pada pelayaran perdananya ini KM Logistik Nusantara 4 mengangkut sebanyak 5 kontainer dari Pelabuhan Patimban, yang diangkut ke daerah 3TP di wilayah Kepri dan Natuna.

“Ini baru pelayaran perdana, ke depannya Tol Laut akan mengangkut komoditi lain. Seperti minyak goreng maupun hasil pertanian dan hasil panen daerah Subang. Diharapkan akan menjadi muatan rutin Tol Laut dari Patimban,” ujar Yan.

Bupati Subang H Ruhimat yang menemui langsung Kepala KSOP Patimban menyampaikan optimisme terhadap Patimban. Terlebih, mendengar kepala KSOP Patimban adalah orang Subang, namun dirinya tetap mengedepankan profesionalisme.

Selanjutnya, Pria yang akrab disapa Kang Jimat itu, menekankan kepada KSOP Patimban, untuk selalu bersinergi dan menjalin kerjasama dengan BUMD dan BUMDes Subang, sehingga rakyat Subang mampu menikmati potensi yang ada di Subang.

“Saya ingin, warga Subang, BUMD dan BUMDes jangan hanya sekedar menjadi penonton. Saya ingin BUMD dan BUMDes ikut serta,” tukasnya.(idr/vry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.