Gadis Kretek

Poster dari Netflix yang mengumumkan 'Gadis Kretek' akan segera tayang dalam bentuk serial.
Poster dari Netflix yang mengumumkan 'Gadis Kretek' akan segera tayang dalam bentuk serial.
0 Komentar

Kita akan tahu, sebenarnya, perusahaan-perusahaan kretek atau rokok itu dilahirkan oleh mantan buruh di perusahaan kretek. Saling curi resep. Semuanya bermula dari kesuksesan perusahaan kretek Tjap Bal Tiga milik pengusaha besar bernama HM Nitisemito.

Saya membayangkan, mungkin dialah orang terkaya di Indonesia saat itu. Punya 10 ribu karyawan. Punya 6 pabrik dengan luas 6 hektare. Berpusat di Kudus.

Rokok buatannya menguasai pasar Indonesia hingga di ekspor ke Belanda. Menyewa pesawat khusus. Bahkan mempekerjakan ahli keuangan asal Belanda. Lalu ambruk karena perang dunia II. Karena Jepang masuk Indonesia dan karena perselisihan antar ahli warisnya.

Baca Juga:Formula Anas BanyuwangiPembangunan Lapang Bintang Dilanjutkan, Ini Penampakannya Dilengkapi Menara Pandang

Lalu mantan agen penjualan Tjap Bal Tiga bernama Koe Djie Siong mendirikan pabrik rokok dengan nama Minak Djinggo (1932). Persis meniru cara dagang dan racikan Tjap Bal Tiga. Juga dibantu menantunya yang juga mantan pegawai di perusahaan rokok itu. Lalu lahirlah merek Nojorono. Sedangkan legenda Tjap Bal Tiga ambruk di tahun 1955.

Ratih mengabadikan merek kretek itu. Diceritakan merek Tjap Bal Tiga tertulis di teko yang selalu digunakan minum teh keluarga Soeraja. Ayah gadis kretek Jeng Daliyah. Itulah sisa kejayaan perusahaan kretek yang akan selalu dikenang. Menginspirasi Soeraja yang berhasil melahirkan merek: Kretek Gadis.

Agen rokok di Jakarta Oei Wie Gwan kemudian meniru jejak Koe Djie yang sukses dengan Minak Djinggo. Oei dengan dibantu 10 karyawannya mendirikan Djarum di tahun 1951. Memasok rokok untuk Dinas Angkatan Darat.

Itu persaingan di Kudus. Sedangkan di Surabaya, Jawa Timur, pasar kretek dipimpin oleh merek dagang Dji Sam Soe milik PT HM Sampoerna yang berdiri di tahun 1931. Di Malang berdiri PT Bentoel (1930). PT Gudang Garam di Kediri. Demikianlah kota penting yaitu Kudus, Kediri, Surabaya dan Malang punya peranan besar dalam industri rokok tanah air. Hingga sekarang.

Demikian pula menurut saya, novel ‘Gadis Kretek’ ini penting. Merangkum sejarah panjang idustri kretek tanah air.(clue)

0 Komentar