Kematian Itu Telah Menjemputmu

Kematian Itu Telah Menjemputmu
Kematian Itu Telah Menjemputmu
0 Komentar

OpiniMATI

Suara itu membikin merinding mendengarnya
Kematian telah menjemputnya
Kalimat thoyibah yang datang tiba tiba tak terasa
Tak seorangpun tahu kapan Tuhan mengabarkannya

Saat ajal tiba hanya Tuhan yang kuasa memanggilnya
Innalillahi wainna ilaihi roji’un, kata yang Esa,
Bersiaplah sebelum panggilan terakhir tiba
Manusia tak sanggup memajukan atau menundanya

Bersiaplah untuk penuhi panggilan terakhirnya
Bila panggilan pertam sholat tak dihiraukan
Panggilan kedua haji dilalaikan
Panggilan terakhir mati tanpa pesan

Baca Juga:Siswa SMAN 4 Karawang Raih Juara Olimpiade Sains, Raih Medali Emas, Perak Hingga PerungguPemdes Kawungluwuk Bangun Jalan Kampung

Dengan selalu mengingat kematiannya
Dan mempersiapkannya
Seakan esok tak bisa lagi melihat dunia
Hanya amalan yang menemaninya

Hampir setiap hari kita disuguhi berita kematian melalui corong dari masjid ke masjid dengan bahasa khasnya : Innalillahi wainnaa ilaihi rooji’uun dan dilanjutkan dengan isi berita lelayu.

Telah meninggal dunia dengan tenang bapak/ibu….. .

Bahkan sering dalam sehari sampai beberapa kali berita kematian disiarkan melalui corong masjid baik yang meninggal itu beragama Islam atau bukan karena masjid itu fungsinya sebagai pusat informasi.

Setiap saat kita disuguhi berita kematian manusia melalui corong masjid, media massa dan media sosial dan kejadian itu bisa menimpa diri kita kapan saja, dimana saja tanpa mengenal waktu.

Misalnya kecelakaan yang terjadi di tol Pemalang akibat kabut tebal yang menghalangi pandangan sopir dan kecelakaan teman yang sedang bersepeda bakda subuh kemudian ditabrak dari belakang yang menyebabkan meninggal dan kecelakaan lain di jalan raya maupun dimana saja dan oleh sebab lain yang berakhir dengan kematian.

Puisi yang mengawali artikel ini mengingatkan kepada kita tentang kematian yang datangnya tak pernah mengabarkan hanya melaui tanda tanda yang kadang tak jelas maknanya.

Seorang muslim mendapat panggilan pertama ketika azan berkumandang dari corong masjid yang memanggil manusia untuk melaksanakan sholat dan khususnya sholat berjamaah di masjid.

Baca Juga:Polisi Belum Simpulkan Soal Temuan Tengkorak Manusia, Masih Mencari IdentitasJangan Salah Pilih, Berikut Rekomendasi Sunscreen untuk Remaja

Banyak dari umat islam yang lalai atau tidak menghiraukan menjalankan dan menegakkan sholat meskipun semua hampir tahu bahwa sholat menjadi fundamen agama yang penting, bila fundamennya kokoh maka agamanya baik dan sebaliknya.

0 Komentar