Dinas Kesehatan Subang Optimis Serap 80 Persen Bulan Depan

Dinas Kesehatan Subang
Kepala Dinas Kesehatan Subang, dr Maxi
0 Komentar

SUBANG-Soal serapan anggaran masih rendah, Kepala Dinas Kesehatan Subang, dr Maxi mengungkapkan, di dinas yang dipimpinnya semua penggunaan anggaran masih berjalan. Dia memastikan, bulan depan sudah bisa terserap di 80 persen. Saat ini, masih dalam posisi 3 besar terendah.

Menurut dr Maxi, karena proses pencairan juga bertahap tidak bisa sekaligus. “Sedang berproses, karena memang ada beberapa kegiatan yang tinggal melakukan pembayarannya saja, dan belum tercatat di penyerapan,” katanya saat ditemui Pasundan Ekspres pada Selasa (25/10).

Sebelumnya diberitakan memasuki pekan terakhir di Bulan Oktober tahun 2022, serapan anggaran Pemerintahan Kabupaten Subang hingga 21 Oktober 2022 masih di angka 59,54 persen.

Baca Juga:Diterjang Banjir Tahun Lalu, Rumah Kusnadi Butuh RutilahuKreatif, Iyan Bengkel Desain Sepeda Unik

Dari data yang diterima oleh Pasundan Ekspres, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Subang menjadi salah satu organisasi yang paling tinggi serapan anggarannya, mencapai 90 persen.

Disusul oleh Kecamatan Tanjungsiang, yang sudah menyerap 87,85 persen, dan Kecamatan Cibogo diurutan ke 3, yang sudah menyerap 87,76 persen.

Sementara itu, urutan paling akhir, diduduki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dengan penyerapan anggaran baru 20,28 persen. Urutan ke dua terakhir yaitu Dinas Kesehatan, baru menyerap anggaran sekitar 47,84 persen, dan ke tiga terakhir yakni Dinas Sosial, baru 50,28 persen.

“Rata-rata setiap Dinas sudah di atas 50 persen serapan anggarannya, paling hanya PUPR dan Dinas Kesehatan saja yang belum,” ungkap Sekban BKAD Subang, Chairil.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, mengintruksikan seluruh OPD untuk dapat menyerap anggaran 100 persen. Selain itu, dia juga menyampaikan untuk terus menggali potensi PAD.

“Serapan anggaran kegiatan di setiap OPD dapat tercapai 100 persen realisasinya dan mengefisiensikan belanja anggaran dengan benar,” katanya.

Pada kesempatan lain, Ketua DPRD Subang, H Narca mengaku akan terus mendorong Bupati agar serapan anggaran kegiatan di setiap OPD bisa terserap dengan optimal.

Baca Juga:Perawatan di Klinik ZAP Ditangani Dokter ProfesionalWabup Subang Ingatkan Serapan Anggaran OPD

Terlebih, kata Narca tidak lama lagi Paripurna penetapan APBD 2022 akan digelar oleh DPRD. Dari sana, dia menyebut juga akan disampaikan soal serapan aggaran yang masih rendah tersebut. “Pada Paripurna nanti, kita akan dorong juga hal itu,” tukas Narca.(idr/vry)

0 Komentar