DAFTAR Alat Musik Tradisional Jawa Barat, Populer dan Legendaris!

DAFTAR Alat Musik Tradisional Jawa Barat, Populer dan Legendaris! (ilustrasi alat musik Jawa Barat, via Wikipedia)
DAFTAR Alat Musik Tradisional Jawa Barat, Populer dan Legendaris! (ilustrasi alat musik Jawa Barat, via Wikipedia)
0 Komentar

KESENIAN  –  DAFTAR Alat Musik Tradisional Jawa Barat, Populer dan Legendaris!

Salah satu provinsi yang ada di Indonesia yaitu Jawa Barat tidak hanya memiliki tempat wisata yang bangus, tidak hanya memiliki kuliner yang lezat, tetapi jawa barat juga memiliki alat musik tradisional.

Jawa barat juga memiliki banyak kesenian termasuk juga dengan jenis alat musik tradisional dari jawa barat, ada beberapa alat musik jawa barat yang sudah mendunia.

Jangan hanya tahu tempat wisata dan kuliner nya saja, alat ,music nya juga perlu diketahui.

Baca Juga:UPDATE! Fakta-Fakta Persidangan Gugat Cerai Anne Ratna Mustika terhadap Dedi Mulyadi Terbaru Hari Ini 27 Oktober 202210 Rekomendasi Makanan Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan Lengkap Penjelasannya

Apa saja alat music tradisional yang berasal dari Jawa Barat? Mari kita basah dan mengenal jenis alat music tradisional daerah jawa barat. Simak dibawah ini.

DAFTAR Alat Musik Tradisional Jawa Barat, Populer dan Legendaris!

  1. Angklung

Angklung adalah alat musik yang bernada ganda atau multitonal yang sangat berkembang di masyarakat jawa barat.

Alat musik yang terbuat dari bambu ini dimainkan dengan cara di goyangkan sehingga bisa berbunyi yang begitu merdu dan khas sehingga angklung dapat mengeluarkan suara yang bergetar pada susunan 2, 3, sampai 4 nada dalam ukuran kecil maupun besar.

Untuk menciptakan suara yang merdu, bermain angklung perlu dimainkan oleh banyak orang. Maka tak heran jika banyak orang yang belajar bermain angklung saat berkunjung ke jawa barat.

  1. Calung

Calung merupakan alat music yang terbuat dari bambu alat musik ini adalah alat musik tradisional masyarakat sunda. Alat musik calung ini dimainkan dengan cara dipukul bilah atau ruas (tabung bambu) yang sudah tersusun rapi menurut titi laras.

Pada awalnya calung dimainkan karna kalangenan atau hobi.

Namun karna perkembangan calung menjadi seni pertunjukan yang sangat populer.

Dalam sebuah pertunjukan, calung yang dipakai biasanya menggunakan calung yang di jinjing.

PerkembangAn dari calung ini tidak hanya pada bentuknya saja, tapi penampilan nya juga sangat berkembang.

Baca Juga:Link Download Film Gratis, LEGAL Langsung Pilih Film Andalan, Cek Di SiniRidwan Kamil Ikuti “Historical Walk” Konferensi Internasional MPR

  1. Suling

Alat Musik Jawa Barat yang terbuat dari bambu ini bernama suling, suling adalah alat musik daerah jawa barat yang cara bermainnya dengan cara ditiup.

0 Komentar