Lagu Bangun Pemuda Pemudi dan Logo Sumpah Pemuda 2022

Lagu Bangun Pemuda Pemudi dan Logo Sumpah Pemuda 2022
Lagu Bangun Pemuda Pemudi dan Logo Sumpah Pemuda 2022
0 Komentar

Ragam – Lirik lagu Bangun Pemuda Pemudi adalah lagu ciptaan Alfred Simanjuntak, seorang komposer yang tersohor dengan lagu patriotis.

Lagu ini berhubungan erat dengan perayaan Hari Sumpah pemuda karena kerap dinyanyikan pada perayaan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap 28 Oktober.

Lagu “Bangun Pemudi Pemuda” diciptakan Alfred saat usianya 23 tahun. Pada tahun 1943, Indonesia masih dijajah Jepang. Penjajahan itu turut menggerakkan Alfred untuk menulis lagu patriotis demi membakar semangat pemuda dalam merebut kemerdekaan.

Baca Juga:Skincare Wardah untuk Kulit Kusam, Yuk Intip Produknya!Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan untuk Dewasa, Dijamin Ampuh!

Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda – Alfred Simanjutak

Bangun pemudi pemuda Indonesia

Tangan bajumu singsingkan untuk negara

Masa yang akan datang kewajibanmu lah

Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas

Tak usah banyak bicara trus kerja keras

Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih

Bertingkah laku halus hai putra negri

Bertingkah laku halus hai putra negri

Tema Hari Sumpah Pemuda 2022 dan Logo

Tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemenpora tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022.

Melalui tema peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022, semoga bulan Oktober dapat terisi dengan kegiatan kepemudaan yang mengarah pada semangat bersatu bangun bangsa dan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Logo peringatan Hari Sumpah Pemuda berupa karakter angka 94 yang diikuti dengan tulisan “Bersatu Bangun Bangsa”, yang dapat didownload di link berikut ini:

Logo Sumpah Pemuda 2022 Arti logo Hari Sumpah Pemuda 2022 tersebut adalah:

  • Karakter Logo Angka 94: Karakteristik penggabungan warna dalam logo Hari Sumpah Pemuda 2022 menggambarkan Indonesia yang memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.
  • Garis: Garis putih di dalam angka 9 dan 4 yang mengikuti bentuk logo memiliki arti kesatuan dan mencerminkan keberagaman sekaligus simbol persatuan yang suci.
  • Lingkaran: Bentuk lingkaran diibaratkan kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan kepemudaan.
  • Dua Garis Berjajar: Garis yang saling berjajar dan mengarah ke atas menggambarkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia. (yni)
0 Komentar