SUMPAH PEMUDA dan Tantangan Lintas Generasi (Bagian 4)

SUMPAH PEMUDA dan Tantangan Lintas Generasi (Bagian 4)
0 Komentar

Oleh Letkol CHK (Purn) M Lukmantias Amin SH MH

 

Makna Sumpah Pemuda

Presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Ir. Soekarno pernah berkata: “Berikan aku 10 pemuda, maka aku akan mengguncang dunia”. Begitu besar kontribusi pemuda dan pemudi untuk kemajuan bangsa, karena di tangan pemuda dan pemudilah sebuah peradaban akan berubah. Oleh karena itu, hari Sumpah Pemuda sudah selayaknya diperingati bersama secara khidmat melibatkan lintas generasi sehingga memberikan banyak sekali makna dan arti bagi kita semua. Berikut makna dan arti Sumpah Pemuda yang bisa kita ambil.

#Mencintai Cinta Tanah Air.

Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk selalu memiliki rasa cinta kepada tanah air kita Indonesia, beberapa caranya adalah dengan berusaha untuk berkarya untuk bangsa sendiri, selalu menggunakan produk-produk negeri sendiri dan lain sebagainya. Karena perjuangan para pemuda di masa lalu yang telah berjuang keras dengan pengorbanan jiwa, raga, dan harta benda untuk meraih kemerdekaan. Jerih jerih payah mereka harus diteladani dan diteruskan.

#Menjaga Persatuan.

Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak sejarah yang membuat seluruh rakyat Indonesia bersatu. Para pemuda dari Barat hingga Timur Indonesia semua berkumpul untuk bersatu mewujudkan cita-cita. Dari sini dapat dikatakan bahwa Sumpah Pemuda mengajarkan untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menghilangkan satu sama lain.

#Bangga Terhadap Bahasa dan Budaya Indonesia

Baca Juga:SUMPAH PEMUDA dan Tantangan Lintas Generasi (Bagian 2)SUMPAH PEMUDA dan Tantangan Lintas Generasi (Bagian 3)

Ditengah gencarnya masuknya budaya asing di Indonesia sangat mempengaruhi kita untuk mengikuti budaya tersebut, salah satunya adalah masalah bahasa dan budaya. Oleh karena itu, bahasa Indonesia harus tetap menjadi bahasa yang kita gunakan sehari-hari dan kapanpun, serta keragaman budaya adalah memperkaya bangsa, sesuai dengan isi Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan para pemuda. Ini juga menjadi salah satu cara untuk tetap mencintai negeri kita sendiri.

Bangun Pemuda Pemudi Indonesia, lengan bajumu singsingkan untuk Negara !!

0 Komentar