Konsumsi Ikan Kurangi Angka Stunting, DKP Akan Gelar ‘Gemarikan’

stunting
stunting
0 Komentar

SUBANG-Dalam rangka memerangi stunting, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Subang akan menggelar acara lomba masak ikan, lomba kreasi masakan berbasis ikan dan juga mengolah ikan dengan benar dalam waktu dekat ini.

Acara tersebut bertajuk Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Tujuannya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang betapa pentingnya makan ikan. Dengan makan ikan memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan.

DKP mengklaim, dalam gelaran tersebut akan melibatkan lintas sektor mulai dari ibu-ibu PKK, dinas kesehatan, dinas KB dan lainnya.
“Acara tersebut akan kita gelar di Kecamatan Ciater,” ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Sumber Daya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang Jan Jan Nurjanah S.IP kepada Pasundan Ekspres.

Baca Juga:LBR Raya FC Lawan Legenda Hidup Persib BandungSMK 45 Lembang Kembangkan Praktek Wirausaha, Tingkatkan Kemampuan Siswa jadi Entrepreneur

Menurut Jan Jan dalam acara tersebut juga akan melibatkan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan). Mereka yang akan terlibat seperti pengusaha, pemerintah, asosiasi dan pihak lainya.

“Peningkatan makan ikan tersebut merupakan tanggunh jawab bersama. Pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan sudah ada keputusan dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Gubernur Jawa Barat dan keputusan Bupati Subang,” jelasnya.

“Adapun kenapa acara digelar di Ciater di karenakan masyarakat di kecamatan tersebut banyak ditemukan kasus stunting,” bebernya.
Sementara itu Dinas Kesehatan Kabupaten Subang mengklaim untuk data temuan stunting pada tahun 2020 prevalensinya sebesar 2,69 persen, atau 3.071 orang. Kini turun menjadi 2,06 persen atau 2.089 orang di tahun 2021.(ygo/ysp)

0 Komentar