Normalisasi Sungai Cijangel Cegah Banjir, Sedimentasi hingga 1 Meter

normalisasi Sungai Cijangel
0 Komentar

BANDUNG BARAT-Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung Barat melakukan normalisasi Sungai Cijangel di Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua.

Banjir di wilayah ini kerap memutus arus lalu lintas di Jalan Kolonel Masturi karena ketinggian air bisa mencapai lebih dari 60 centimeter. Tak jarang sejumlah pengendara roda dua mogok karena menerobos banjir.

Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan merasa pengerukan tersebut tidak terlalu efektif lantaran memang setiap tahunnya terjadi penumpukan sedimentasi.

Baca Juga:Korban PHK Dilatih Jadi Satpam, Jasa Pengamanan Semakin DibutuhkanMau Beli Skin Mobile Legend Murah, Begini Trik nya!!!

“Jadi ini bentuk antisipasi dulu sementara supaya tidak ada endapan yang menutupi aliran air saat intensitas hujan tinggi. Bahkan, jika meluap bisa cepat surut,” kata Hengky.

Namun, lanjut dia, pihaknya bakal membuat kajian yang dikerjakan Kadis PUTR untuk dilaporkan ke Pemprov agar ditemukan solusi bersama. “Karena ini masuk kewajiban atau kewenangan Pemprov Jabar. Sedangkan, aliran sungai yang ke arah kiri masuk ke wilayah Desa Barukai yang mungkin akan kita bantu untuk normalisasinya,” jelasnya.

Dia menerangkan, berdasarkan temuan PUTR ada faktor lain yang menutup jalannya air, yakni adanya pipa yang menghalangi sehingga air tidak lancar. “Secara keseluruhan teknis penanganan di Sungai Cijangel ini akan dikaji oleh PUTR. Kita tinggal berkomunikasi dengan Pemprov Jabar saja,” tambahnya.(eko/sep)

0 Komentar