Puskesmas Desa Wanakerta Karawang Mengontrak di Rumah Warga

Puskesmas Desa Wanakerta
MENGONTRAK: Puskesmas Desa Wanakerta menyewa rumah warga untuk layani masyarakat dikarenakan bangunan puskesmas rusak dan nyaris ronoh. USEP SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

Bangunan Rusak dan Sengketa Lahan

KARAWANG-Akibat bangunan rusak dan diduga ada sengketa tanah, Puskesmas Desa Wanakerta terpaksa menyewa rumah warga untuk melayani masyarakat. Sebelumnya, kondisi plafon dan atap bangunan Puskesmas Wanakerta itu nyaris roboh.

Kerusakan bangunan puskesmas tersebut sejak beberapa tahun lalu. Akan tetapi, puncak kerusakan terjadi pada awal 2021, karena tak kunjung mendapatkan perbaikan. Hingga akhirnya, di bulan Oktober 2022 terpaksa harus mengontrak rumah.

“Iya alasan pindah karena bangunan sudah rusak. Dengan dasar dari surat PUPR. PUPR survey, ke Wanakerta,” ujar Kepala Puskesmas Wanakerta, Drg Veronica.

Baca Juga:Irda Audit BLT Covid dari Dana DesaAnggota DPRD Subang Eni Garyani Apresiasi Atlet Balap Motor

Veronica mengatakan, untuk pelayanan kesehatan terhadap masyarakat tidak terganggu. Sebab, sistem pelayanan kesehatan di Puskesmas Wanakerta juga memasifkan kegiatan puskesmas keliling (pusling).
“Yang namanya kita memberikan pelayanan tidak bisa terbatas oleh ruangan, seperti kegiatan kami tadi kami melakukan kegiatan pusling ke masyarakat,” ucapnya.

“Walaupun dengan keterbatasan bangunan ini, kami berharap semua tenaga kesehatan tetap optimal dalam memberikan pelayanan, dan puskesmas Wanakerta dapat segera memiliki bangunan yang layak,” katanya
Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang menyebut Puskesmas Wanakerta terpaksa sewa rumah, bukan faktor kesengajaan. Akan tetapi, adanya persoalan sengketa lahan.

Sehingga hal ini menjadi faktor penghambat pembenahan Puskesmas Wanakerta. Namun Dinkes Karawang akan segera menyelesaikan persoalan tersebut.

“Jadi gini, itu kita pindahkan sementara karena sedang dalam proses pembenahan. Sebenarnya pengajuan perbaikan puskesmas tersebut sudah ada dan sedang dalam proses, tapi terhambat karena beberapa faktor,” kata Subkor Program dan Pelaporan pada Dinkes Kabupaten Karawang, Rasid.

Dijelaskan Rasid, faktor penghambat proses pembenahan gedung Puskesmas Wanakerta dikarenakan adanya persoalan sengketa lahan.

“Itu yang jadi persoalan, Puskesmas Wanakerta sudah lama berdiri, namun ada yang mempermasalahkan tanah tersebut. Sebab itu, perbaikan dan renovasi gedung kita tunda, kalau permasalahan itu sudah selesai, kita akan langsung bergerak,” jelasnya.

0 Komentar