Elma Triyulianti Djadjuri: orang tua hebat merupakan pondasi utama Tekan Angka Stunting pada Anak

Elma Triyulianti Djadjuri
Elma Triyulianti Djadjuri
0 Komentar

SUBANG-Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN) Jawa Barat, Elma Triyulianti Djadjuri menyampaikan peran orang tua hebat merupakan pondasi utama dalam membentuk karakter anak yang baik dan berkualitas.

“Anak merupakan salah satu aset utama bagi suatu bangsa, maka dari itu untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa, tumbuh kembang anak harus dijaga secara baik dan berkualitas oleh orang tua,” ungkapnya saat melakukan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya ancaman stunting di Gedung GOW belum lama ini.

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua agar bisa menjadi orang tua hebat dalam memepersiapkan diri sebagai pengasuh anak yang baik.

Baca Juga:Baznas Bantu Korban Gempa Cianjur, Berikan Uang Hingga BarangTekan Kriminalitas di Sekitar Pelabuhan Patimban, Polsek Pusakanagara Gencar Patroli

Sementara itu, dalam menekan angka stunting, Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Dr. Drs Wahidin MKes mengatakan, pentingnya membentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) di setiap desa guna untuk pendampingan kepala keluarga berisiko stunting di desanya masing-masing.

“Jadi dalam percepatan penurunan stunting ini harus dilakukan secara bersama, baik itu dari TPK dan masyarakat lainnya. Karena percepatan penurunan stunting tidak bisa dilakukan hanya dari satu pihak saja,” ujarnya.

Dia mengtakan, karena permasalahan stunting ini dimulai dari tidak adanya perencanaan yang matang dalam berkeluarga. “kebanyakan remaja melakukan pernikahan dini yang sangat berpengaruh terhadap potensi stunting,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IX Linda Megawati SE MSi mengatakan, stunting bisa ditekan dengan menjadi orang tua hebat dalam mengasuh anak dan juga butuh perjuangan yang kuat agar peran menjadi orang tua bisa mewujudkan karakter anak yang baik.(cdp/ysp)

0 Komentar