Cara Screenshoot di Laptop, Yuk Ikuti Panduannya di Sini!

Cara Screenshoot di Laptop, Yuk Ikuti Panduannya di Sini!
Sumber Foto : Pixabay
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Screenshot atau tangkapan layar adalah cara untuk menyimapan salinan gambar yang kamu inginkan.

Contohnya, menangkap layar pada slide presentasi saat mengikuti rapat online. Pada laptop atau komputer, terutama Windows 10 dan 11, sudah mempunyai layanan fitur screenshot bawaan.

Kamu sedang mencari cara screenshoot di laptop? tak perlu bingung, berikut Pasundan Ekspres sudah melansir beberapa cara dari Cnet.

Cara Screenshoot di Laptop dengan Mudah

Fitur Snip & Sketch 

Baca Juga:10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Mana Favoritmu?Cara Scan di Printer Epson, Cepat dan Mudah!

Cara paling gampang untuk memakai fitur ini adalah dengan menekan shortcut tombol Windows + Shift + S. Kamu juga dapat mendapatkan  fitur Snip & Sketch pada menu yang adat dalam tombor Start atau dengan mengetikkannya melalui kolom pencarian.

Kemudian membuka fitur tersebut, layar secara praktis akan meredup. Itu tandanya kamu sudah bisa melakukan screenshot dengan banyak jenis, yaitu persegi panjang, bentuk bebas, dan full screen.

Kemudian, hasil tangkapan layar kamu akan terlihat dalam notifikasi di kanan bawah. Klik notifikasi itu untuk mengedit dan menyimpannya.

Print Screen

Kamu juga dapat memakai “Print Screen” atau berlabel “PrtScn” atau “Prt sc”. Hasil screenshot kamu tidak akan tersimpan dalam bentuk file, namun akan disalin ke papan klip. Kamu harus membuka alat pengeditan gambar (seperti Microsoft Paint) untuk mengedit dan menyimpan file tersebut.

Tombol Windows + Print Screen

Sentuh tombol Windows + tombol Print Screen. Layar akan meredup sebentar kemudian memperlihatkan bahwa kamu baru saja mengambil tangkapan layar. Hasil screen shoot akan tersimpan ke folder Picture dan Screenshot.

Alt + Print Screen

Kamu juga dapat menekan shortcut Alt + PrtScn. Tombol tersebut akan secara praktis mengambil screenshot layar yang sedang aktif dan menyalinnya ke clipboard.

Tetapi, kamu harus membuka aplikasi edit gambar untuk menyimpannya.

Fn + Tombol Windows

Apabila komputer atau laptop kamu tidak mempunyai tombol PrtScn, Microsoft mempunyai lintasan keyboard lain untuk memproses tangkapan layar. Caranya, kamu dapat menekan Fn + tombol logo Windows + Space Bar untuk mengambil tangkapan layar. Hasil tangkapan layar akan disimpan ke folder Pictures dan Screenshots. (yni)

0 Komentar