Plered Jadi Pusat Industri Manufaktur, Bakal Dibangun Gedung Utama IMC

Plered
0 Komentar

PURWAKARTA-Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menghadiri Groundbreaking Pembangunan Gedung Utama Indonesia Manufacturing Centre (IMC), bertempat di Desa Citeko, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Senin (5/12).

“Kami merasa bahagia sekaligus bangga bahwasanya Menteri Perindustrian RI telah menunjuk Kabupaten Purwakarta menjadi pusat industri manufaktur. Seperti diketahui, manufaktur adalah tentang bagaimana suatu produk dibuat, dari ide, desain, proses pembuatan, hingga menjadi produk yang siap dipasarkan,” kata Bupati.

Pembangunan Gedung Utama Indonesia Manufacturing Centre (IMC) ini akan dilakukan secara bertahap. Yang mana, pada tahap pertama ini dibangun seluas dua hektare. Kemudian tahap selanjutnya seluas sembilan hektare.

Baca Juga:Taman Lembah Dewata Nuansa NusantaraPengelola Air Bersih BUMDes Layani Konsumen, Perawatan dan Cegah Jalur Pipa dari Longsor

Pada kesempatan tersebut, Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki berkesempatan hadir untuk meresmikan kegiatan Groundbreaking.

“Kabupaten Purwakarta mempunyai potensi gerabah yang sudah mendunia, yakni sudah dapat mengekspor ke 11 negara. Dengan adanya dukungan secara teknologi, dan hadirnya IMC ini, semoga dapat mendorong juga produksi yang bersumber dari tanah liat termasuk gerabah keramik ini,” ujar Bupati.

“Yakni, dalam upaya mendorong produktivitas UMKM yang ada di Kabupaten purwakarta, serta dapat berkontribusi baik secara lokal, nasional dan internasional,” ucapnya.

“Ini merupakan program yang didanai APBN dan nanti ada program kerja sama dengan berbagai pihak, dari negara-negara yang relatif sudah memiliki kemampuan industri dan teknologi tinggi. Kami akan mengundang mereka untuk membangun klaster maupun pusat manufaktur di Purwakarta ini,” kata Agus.

Dirinya berharap IMC ini nantinya menjadi ikon nasional dalam industri manufaktur dan dapat membantu mengembangkan industri permesinan nasional yang tentu saja juga akan membantu perekonomian daerah di Plered, Purwakarta, dan Jawa Barat.

Di tempat yang sama, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki juga mengapresiasi langkah Kementerian Perindustrian yang akan membangun IMC di Plered Kabupaten Purwakarta.

0 Komentar